PERBAIKAN MANAJEMEN USAHA KAWA DAUN PADA MITRA KAWA AMOR DI LIMAU MANIS KECAMATAN PAUH KOTA PADANG

KAWA DAUN BUSINESS MANAGEMENT IMPROVEMENTS AT KAWA AMOR PARTNER IN LIMAU MANIS, PAUH DISTRICT, PADANG CITY

  • Ediset Ediset Fakultas Peternakan, Universitas Andalas
  • Rian Hidayat Fakultas Pertanian, Universitas Andalas
  • Weriantoni Weriantoni Fakultas Ekonomi, Universitas Andalas
  • Amrizal Anas Fakultas Peternakan,Universitas Andalas
  • Zamzami Zamzami Teknik Sipil, Politeknik Negeri Padang

Abstract

Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini dilakukan pada mitra Kawa Amor yang menjalankan usaha kawa daun di Limau Manis, Kecamatan Pauh, Kota Padang. Permasalahan mitra diantaranya adalah 1) mitra belum dilengkapi identitas atau jati diri sebagai suatu kelompok usaha, 2) Pemasaran produk yang dihasilkan mitra sebagian besar masih dilakukan secara konvensional dari individu ke individu.. Tujuan dari kegiatan ini adalah mentransformasi mitra menjadi kelompok usaha yang iconik dengan memiliki identitas usaha tersendiri dan mengintroduksi inovasi pemasaran yang berbasis Digital Marketing yang dapat menjangkau pangsa pasar yang lebih luas. Transfer pengetahuan dan teknologi pada kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan metode pelatihan dan pendampingan secara berkala. Hasil kegiatan adalah terjadinya perubahan pada manajemen usaha, yaitu mitra telah memiliki plank merek dan logo usaha yang merupakan bagian dari identitas usaha, serta mitra juga telah mengadopsi sitem pemasaran secara digital, seperti  memiliki map lokasi usaha dan media sosial Instagram (IG) untuk wadah promosi dan pemasaran


Kata kunci : digital marketing, identitas usaha, dan manajemen usaha


ABSTRACT


This community service activity is carried out on Kawa Amor partners who run a kawa daun business in Limau Manis, Pauh District, Padang City. Partner problems include 1) partners have not been equipped with identity or identity as a business group, 2) Marketing of products produced by partners is still mostly done conventionally from individual to individual. The purpose of this activity is to transform partners into iconic business groups with their own business identities and to introduce digital marketing-based marketing innovations that can reach a wider market share. The transfer of knowledge and technology in this service activity is carried out by means of training and mentoring methods on a regular basis. The result of the activity is a change in business management, namely partners have a brand plank and business logo which are part of their business identity, and partners have also adopted a digital marketing system, such as having a business location map and Instagram (IG) social media for promotion and marketing.


Keywords: business identity, business management and digital marketing

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Sanusi. A dan A. Wibasuri. 2015. Model Pemberdayaan Tata Kelola Kelompok Usaha Kecil Menengah Pengrajin Batu Permata Bungur Lampung Selatan. JPM Informatics and Businnes Institute Darmajaya. , Vol. 01, No.1, Hal : 96-123.
[2] Sembiring, R.A dan T. Subekti. 2021. Analisis Aktor dalam Tata Kelola Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kota Batu untuk Kualitas Internasional. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Vol 7, No 1, Hal. 31-44
[3] Puspita,V.A., M. Veranita dan Gunardi. 2020. Perbaikan Tata Kelola Bisnis UMKM Kerupuk Kulit Singkong Menuju Ketahanan Bumdes Jagabaya. Wikrama Parahita: Jurnal Pengabdian Masyarakat 2020, Volume 4 Nomor 1: 29-37
[4] Purnomo E., N. Pangarsa, K. B. Andri, dan M. Saeri. 2015. Efektivitas Metode Penyuluhan dalam Percepatan Transfer Teknologi Padi di Jawa Timur. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, Vol. 1, No. 2, hlm :192-204.
[5] Direktorat Bantuan Sosial Departemen Sosial RI. 2007. Pedoman Pendamping Pada Rumah Perlindungan dan trauma center. Jakarta, hal. 4.
[6] A.A. Anwar Prabu Mangkunegara, 2009. Manajemen sumber daya manusia. Remaja Rosdakarya. Bandung.
[7] Oscario. A. 2013. Pentingnya Peran Logo dalam Membangun Brand. Jurnal Humaniora Vol.4 No.1, Hal : 191-202.
[8] Febriansyah dan N.I. Nabila 2014. Pengaruh Logo Baru Pt. Telkom, Tbk Terhadap Citra Perusahaan. Jurnal Ekonomika-Bisnis Vol. 5 No.2. Hal : 101-116.
[9] Rustan, S. (2009). Mendesain logo. Penerbit Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
[10] Kotler, dan Armstrong. 2008. Prinsip – Prinsip Pemasaran. Edisi 12, Jilid 1. Jakarta : Erlangga.
[11] Amalia. N. 2019. Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Mie Endess Di Bangkalan). Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis (JSMB). Vol. 6 (2), hal : 96-104.
[12] Costa , L.A.D,. E. Fatkhiyah dan E. Susanti. 2019. Sistem Informasi Geografis Pencarian Lokasi Lembaga Pendidikan Formal dan Informal Di Kota Dili Timor-Leste Berbasis Mobile Menggunakan Android. Jurnal SCRIPT Vol. 7 No. 2 Hal : 185-193
[13] Terralogiq. 2021. Enam Manfaat Menggunakan Google Maps Platform untuk Bisnis (https://terralogiq.com/manfaat-google-maps-platform-untuk-bisnis/ di akases 11 november 2021.
[14] Ahmed, M., & Zahid, Z. 2014. Role of Social Media Marketing to Enhance CRM and Brand Equity in Terms of Purchase Intention. Asian Journal of Management Research, 4(3), 533-549.
[15] Romdonny, J & M. L. N. Rosmadi. 2018. Peran Media Sosial dalam Mendukung Pemasaran Produk Organisasi Bisnis. Jurnal Ikraith Ekonomika. Vol 1, No.2, Hal : 25-30
[16] Salamoon, DK. (2013). Instagram, Ketika Foto Menjadi Mediator Komunikasi Lintas Budaya di Dunia Maya. Skripsi. Surabaya: Universitas Airlangga
Published
2021-12-30
How to Cite
EDISET, Ediset et al. PERBAIKAN MANAJEMEN USAHA KAWA DAUN PADA MITRA KAWA AMOR DI LIMAU MANIS KECAMATAN PAUH KOTA PADANG. LOGISTA - Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 366-372, dec. 2021. ISSN 2655-951X. Available at: <http://logista.fateta.unand.ac.id/index.php/logista/article/view/930>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.25077/logista.5.2.366-372.2021.
Section
Articles