Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is 1.5 space; uses a 11-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.

Author Guidelines

PEDOMAN PENULISAN ARTIKEL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT "JURNAL LOGISTA"

KETENTUAN UMUM:

  1. Artikel yang akan di publikasikan merupakan hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat.
  2. Artikel belum pernah di publikasikan atau tidak dalam status telah diterima (accepted) untuk dipublikasikan.
  3. Seting halaman adalah 2 kolom dengan equal with coloumn dan jarak antar kolom 5 mm, sedangkan Judul, Identitas Penulis, dan Abstrak ditulis dalam 1
  4. Artikel diketik dengan ukuran 1.5 spasi dengan menggunakan kertas kuarto (A4) dengan lebar batas-batas tepi (margin) adalah 3 cm untuk batas kiri, sedangkan atas, bawah dan kanan adalah 2,0 cm dan jenis huruf Times New Roman ukuran 11. Setiap halaman diberi nomor secara berurutan. Gambar dan Tabel dikelompokkan bersama di bagian akhir naskah pada lembaran terpisah
  5. Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris dengan menggunakan ragam bahasa ilmiah.
  6. Artikel terdiri atas 15 - 20 halaman, termasuk daftar pustaka dan lampiran
  7. Artikel dilampiri dengan pernyataan dari penulis bahwa artikel yang ditulis adalah benar-benar asli hasil karya sendiri dan tidak mengandung unsur-unsur plagiarisme.

CAKUPAN: Artikel yang dimuat pada jurnal LOGISTA meliputi hasil-hasil pengabdian kepada masyarakat yang berhubungan dengan teknologi hasil pertanian, teknik pertanian, teknologi industri pertanian, gizi dan kesehatan masyarakat, farmasi, biologi, klimatologi, agroekoteknologi, ilmu tanah, budidaya pertanian, proteksi tanaman, kedokteran hewan, keluarga dan konsumen, peternakan, perikanan, kehutanan, konservasi, lingkungan, sosial-ekonomi, dan kewirausahaan yang telah dipertimbangkan dan disetujui oleh Dewan Editor.

PENGIRIMAN: Penulis diminta mengirimkan satu eksemplar naskah asli beserta dokumen (softfile) dari naskah asli tersebut yang harus disiapkan dengan program Microsoft Word. Naskah dan softfile dikirimkan kepada:

Redaksi Jurnal LOGISTA

Jurusan Teknologi Hasil Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Andalas
Kampus Limau Manis - Padang 25163, Telp/Fax 0751-72772
e-mail: logista@fateta.unand.ac.id atau jurnal.logista@gmail.com

SISTIMATIKA PENULISAN

JUDUL: terdiri atas 15-20 kata, judul dicetak dengan huruf besar/kapital, dicetak tebal (bold) dengan jenis huruf Times New Roman font 12, spasi tunggal.

NAMA PENULIS: ditulis di bawah judul tanpa gelar, tidak boleh disingkat, diawali dengan huruf kapital, tanpa diawali dengan kata ”oleh”, urutan penulis adalah penulis pertama diikuti oleh penulis kedua, ketiga dan seterusnya disertai dengan alamat email dan nama institusi. Nama penulis ditulis dengan jenis huruf Times New Roman font 11. Nama perguruan tinggi dan alamat surel (email) semua penulis ditulis di bawah nama penulis dengan huruf Times New Roman  font 10.

ABSTRAK: ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris.  Abstrak terdiri atas 150-200 kata diketik 1 spasi dan di dalamnya diuraikan tentang masalah, metode, dan kesimpulan. Kata abstrak dicetak tebal (bold). Jenis huruf abstrak adalah Times New Roman font 11, disajikan dengan rata kiri dan rata kanan, disajikan dalam satu paragraph, dan ditulis tanpa menjorok (indent) pada awal kalimat. Abstrak dilengkapi dengan kata kunci/ keywords yang terdiri atas 3-5 kata yang menjadi inti dari uraian abstrak. Kata kunci dicetak tebal (bold).

PENDAHULUAN:

  1. Fakta-fakta yang melatarbelakangi atau menginspirasi pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat.
  2. Masalah, persoalan, tantangan, atau kebutuhan masyarakat yang faktual dan aktual.
  3. Uraikan tentang masalah, persoalan, atau kebutuhan pokok dalam masyarakat dikaitkan dengan target kegiatan.
  4. Upaya-upaya yang pernah dilakukan pihak lain.
  5. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat

METODE PELAKSANAAN KEGIATAN:

  1. Menguraikan cara yang digunakan untuk menyelesaikan masalah, tantangan, atau persoalan. Dalam hal ini, dapat digunakan satu jenis metode ataupun kombinasi beberapa jenis metode.  Beberapa contoh metode sebagai berikut.
  • Pendidikan Masyarakat : digunakan untuk kegiatan-kegiatan, seperti a) pelatihan semacam in-house training; b) penyuluhan yang bertujuan meningkatkan pemahaman serta kesadaran, dan sebagainya.
  • Konsultasi: digunakan untuk kegiatan-kegiatan yang di dalamnya persoalan atau kebutuhan dalam masyarakat diselesaikan melalui sinergisme dengan Perguruan Tinggi.
  • Difusi Ipteks: digunakan untuk kegiatan yang menghasilkan produk bagi konsumen.
  • Pelatihan: digunakan untuk kegiatan yang melibatkan a) penyuluhan tentang substansi kegiatan yang disertai dengan demonstrasi atau percontohan untuk realisasinya, b) pelatihan dalam pengoperasian sistem atau peralatan, c) pembentukan kelompok wirausaha baru, d) penyediaan jasa layanan bersertifikat kepada masyarakat.
  • Mediasi: digunakan untuk kegiatan yang di dalamnya pelaksana pengabdian kepada masyarakat memposisikan diri sebagai mediator para pihak yang terkait dan bersama-sama menyelesaikan masalah yang ada dalam masyarakat.
  • Simulasi Ipteks: digunakan untuk kegiatan yang karya utamanya adalah sistem informasi atau sejenisnya. Kegiatan ini ditujukan untuk menjelaskan sesuatu yang tidak dapat dilakukan secara nyata.
  • Substitusi Ipteks: Digunakan untuk kegiatan yang menawarkan ipteks baru yang lebih modern dan efisien daripada ipteks lama (Ipteks berupa teknologi tepat guna).
  • Advokasi: digunakan untuk kegiatan yang berupa pendampingan.
  • Metode lain yang sesuai
  • 2. Teknik Pengumpulan Data
  • 3. Teknik Analisis Data
  • 4. Lokasi, waktu, dan durasi kegiatan

HASILDAN PEMBAHASAN

Menjelaskan dan menguraikan tentang:

  1. Peristilahan atau model (untuk jasa, keterampilan baru, dan rekayasa sosial-budaya), dimensi dan spesifikasi (untuk barang/peralatan) yang menjadi luaran atau fokus utama kegiatan yang digunakan sebagai solusi yang diberikan kepada masyarakat, baik langsung maupun tidak langsung.
  2. Dokumentasi yang relevan dengan jasa atau barang sebagai luaran atau fokus utama kegiatan pengabdian kepada masyarakat (foto, tabel, grafik, bagan, gambar dsb).
  3. Keunggulan dan kelemahan luaran atau fokus utama kegiatan apabila dilihat kesesuaiannya dengan kondisi masyarakat di lokasi kegiatan pengabdian kepada masyarakat.
  4. Tingkat kesulitan pelaksanaan kegiatan (pelatihan, mediasi dan konsultasi, pendidikan dan advokasi) maupun produksi barang, dan peluangnya.

KESIMPULAN

  1. mengemukakan tingkat ketercapaian target kegiatan di lapangan.
  2. mengemukakan ketepatan atau kesesuaian antara masalah/persoalan dan kebutuhan/tantangan yang dihadapi, dengan metode yang diterapkan.
  3. mengemukakan dampak dan manfaat kegiatan.
  4. mengemukakan rekomendasi untuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat berikutnya.

Saran, Ucapan Terimakasih, Keterangan simbol (jika ada)

REFERENSI

Penulisan pustaka menggunakan sistem Harvard Referencing Standard. Semua yang tertera dalam daftar pustaka harus dirujuk di dalam artikel. Kemutakhiran referensi sangat diutamakan. [Times New Roman, 11, normal, spasi 1]

a. Buku

[1] Penulis 1, Penulis 2 dst. (Nama belakang, nama depan disingkat). Tahun publikasi. Judul Buku cetak miring. Edisi, Penerbit. Tempat Publikasi.

Contoh:

[1] O’Brien, J.A. dan. J.M. Marakas. 2011. Management Information Systems. Edisi 10.  McGraw-Hill. New York-USA.

a. Artikel Jurnal

[2] Penulis 1, Penulis 2 dan seterusnya, (Nama belakang, nama depan disingkat). Tahun publikasi. Judul artikel. Nama Jurnal Cetak Miring. Vol. Nomor. Rentang Halaman.

Contoh:

[2] Cartlidge, J. 2012. Crossing boundaries: Using fact and fiction in adult learning.    The Journal of Artistic   and Creative Education. 6 (1): 94-111.

c. Prosiding Seminar/ Konferensi

[3]  Penulis 1, Penulis 2 dst, (Nama belakang, nama depan disingkat). Tahun publikasi. Judul artikel. Nama Konferensi. Tanggal, Bulan dan Tahun, Kota, Negara. Halaman. Contoh:

[3]  Michael, R. 2011. Integrating innovation into enterprise architecture management. Proceeding on Tenth International Conference on Wirt-schafts Informatik. 16-18 February 2011, Zurich, Swis. Hal. 776-786.

d. Tesis atau Disertasi

[4] Penulis (Nama belakang, nama depan disingkat). Tahun publikasi. Judul. Skripsi, Tesis, atau Disertasi. Universitas.

Contoh:

[4] Soegandhi. 2009. Aplikasi model kebangkrutan pada perusahaan daerah di Jawa  Timur. Tesis. Fakultas Ekonomi Universitas Joyonegoro, Surabaya.

e. Sumber Rujukan dari Website

[5] Penulis. Tahun. Judul. Alamat Uniform Resources Locator (URL). Tanggal Diakses.

Contoh:

[5]  Ahmed, S. dan A. Zlate. Capital flows to emerging market economies: A brave new world? http://www.federalreserve.gov/pubs/ifdp/2013/1081/ifdp1081.pdf. Diakses tanggal 18 Juni 2013.

 ATURAN UMUM PENULISAN NASKAH

  1. Setiap sub judul ditulis dengan huruf Times New Roman font 12 dan dicetak tebal (bold).
  2. Alinea baru ditulis menjorok dengan indent-first line 0,75 cm, antar alinea tidak diberi
  3. Kata asing ditulis dengan huruf
  4. Semua bilangan ditulis dengan angka, kecuali pada awal kalimat dan bilangan bulat yang kurang dari sepuluh harus
  5. Tabel dan gambar harus diberi keterangan yang jelas, dan diberi nomor

 2. ATURAN TAMBAHAN

Penulisan Rumus

Rumus matematika ditulis secara jelas dengan Microsoft Equation atau aplikasi lain yang sejenis dan diberi nomor.

Penulisan tabel

Tabel diberi nomor sesuai urutan penyajian (Tabel 1, dst.), tanpa garis batas kanan atau kiri. Judul tabel ditulis di bagian atas tabel dengan posisi rata tengah (center justified).

Penulisan Gambar

Gambar diberi nomor sesuai urutan penyajian (Gambar.1, dst.). Judul gambar diletakkan di bawah gambar dengan posisi tengah (center justified) seperti contoh berikut.

Pedoman penulisan jurnal LOGISTA unduh disini

Contoh template jurnal Logista unduh disini