PEMBENTUKAN DAN PELAKSANAAN KELAS IBU NIFAS DI PUSKESMAS KONI KOTA JAMBI

THE FORMATION AND IMPLEMENTATION OF POSTPARTUM CLASSES IN KONI HEALTH CENTER, JAMBI CITY

  • Ratu Kusuma Prodi Ners, STIKes Baiturrahim, Jambi
  • Tina Yuli Fatmawati Prodi D3 Keperawatan, STIKes Baiturrahim, Jambi
  • Julaecha Julaecha Prodi D3 Kebidanan STIKes Baiturrahim, Jambi

Abstract

Kegiatan pengabdian ini dilakukan di Puskesmas Koni Kota Jambi dimana Kelas Ibu Nifas belum dilaksanakan karena memang belum diprogramkan oleh Kementerian Kesehatan seperti halnya Kelas Ibu Hamil dan Kelas Ibu Balita. Berdasarkan identifikasi permasalahan mitra ditemukan dua masalah utama yaitu permasalahan pogram dan permasalahan ibu nifas. Pelaksanaan kegiatan telah mulai sejak 19 Oktober 2020 yang diawali dengan identifikasi permasalahan mitra. Kegiatan inti berupa workshop Kelas Ibu Nifas dan Pelaksanaan Kelas Ibu Nifas. Workshop dilaksanakan pada 07-09 Juli 2021 diikuti oleh 23 nakes (8 perawat dan 15 bidan), dan  Kelas Ibu Nifas dilaksanakan pada 10, 12 dan 13 Juli 2021 diikuti oleh 7 ibu nifas yang didampingi keluarga dan kader posyandu balita. Kegiatan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan; materi disampaikan dengan menggunakan lima perangkat Kelas Ibu Nifas; melalui ceramah, diskusi, tanya jawab dan berbagi pengalaman. Hasil yang capai adalah terbentuknya Kelas Ibu Nifas; terbentuknya struktur organisasi Kelas Ibu Nifas; terlaksananya Kelas Ibu Nifas; peningkatan rerata pengetahuan perawat dan bidan sebesar 5,2 dan rerata sikap 5,5. Peningkatan rerata pengetahuan ibu nifas sebesar 2,3 dan rerata sikap 4,0. Workshop kelas Ibu Nifas dan pelaksanaan Kelas Ibu Nifas  mampu merubah perilaku perawat, bidan dan ibu nifas.


Kata kunci: pembentukan, pelaksanaan, kelas ibu nifas                                                                                                        


ABSTRACT


This devotion to the community have been done at Koni Health Center Jambi City, so the Postpartum Classes not be done because it has not been programmed by the Ministry of Health in terms of Prenatal Classess and Toddler Mother Classes. According to the identification of partner problems found two main problems are pogram problems and postpartum mother problems. This series of activities began on October 19, 2020 with the identification of partner issues. The core activities are workshops on Postpartum Classes and implementation of Postpartum Classes. The workshop was held on 07-09 July 2021 to 23 health workers (8 nurses and 15 midwives), postpartum classes on 10, 12 and 13 July 2021 attended by 7 postpartum mothers conducting the family and cadre. All activities are carried out by health protocols; the material was delivered using five postpartum classes devices; through lectures, discussions, asking questions and sharing experiences. The result achieved is the formation of Postpartum Classes; the formation of the organizational structure of the Postpartum Classes; the implementation of the Postpartum Classes; an average increase in nurse and midwifery knowledge of 5.2 and an average attitude of 5.5. The average increase in postpartum mothers knowledge was 2.3 and the mean attitude was 4.0. Workshops and Postpartum Classes can change behavior of nurses, midwives and postpartum mothers.


Keywords: formation, implementation, postpartum classes

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Sukma F, Hidayati E, Tani SN. Buku ajar asuhan kebidanan pada masa nifas. Jakarta: Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhamadiyah Jakarta (UMJ); 2017.
[2] Kemenkes RI. Tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs). Jakarta: Kemenkes RI; 2017.
[3] Kemenkes RI. Buku kesehatan ibu dan anak. Jakarta: Kemenkes RI; 2016.
[4] Direktorat Kesehatan Keluarga. Laporan akuntabilitas kinerja (LAKIP). Jakarta: Dirkesga; 2018.
[5] Kemenkes RI. Riskesdas Tahun 2018. Jakarta: Kemenkes, RI; 2019.
[6] Puskesmas Koni. Laporan Profil UPTD Puskesmas Koni Jambi Tahun 2019. Kota Jambi: Puskesmas Koni.
[7] Rekam Medik Program KIA Puskesmas Koni, sampai dengan September 2020.
[8] Personal Komunikasi antara Tim Pengusul dengan Pihak Puskesmas Koni: 19-20 Oktober 2020.
[9] Kemenkes RI. Pegangan fasilitator kelas ibu hamil. Jakarta: Kemenkes RI; 2014.
[10] Kemenkes RI. Pedoman pelaksanaan kelas ibu hamil. Jakarta: Kemenkes RI; 2014.
[11] Kusuma, R. Karakteristik ibu yang mengalami depresi postpartum. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi. 2019; 19 (1): 99-103. ISSN 1411-8939 (online), ISSN 2549-4236 (print).
[12] Kusuma, R., Keliat, B.A, Afiyanti, Y., & Martha, E. The Ratu’s Model: A prevention model of postpartum depression. Journal Enfermeria Clinica. 2019; 29 (1): 70-73.
[13] Asmuji, Indriyani D. Model edukasi postnatal melalui pendekatan family centered maternity care (FCMC). Jurnal Keperawatan. 2014; 5 (2): 128-141. ISSN 2086-3071.
[14] Furilianti U. Hubungan pengetahuan dan sikap ibu nifas tentang masa nifas dengan kunjungan nifas di Wilayah Kerja Puskesmas Arjuno Kota Malang. Program Pascasarjana Universitas Brawijaya; 2014.
[15] Roy, BA. Postpartum exercise. ACSM’s Health & Fitnes Journal. 2014; 18 (6): 3-4.
[16] Ashrafinia F, et all. Effect of Pilates exercises on Postpartum Maternal Fatique. Singapore Med J. 2015; 56 (3): 169-173.
[17] Mariyati, Tumansery GS. Perawatan diri berbasis budaya selama masa nifas pada ibu postpartum. Jurnal Ilmu Keperawatan. 2018; 6 (1): 47-56. ISSN 2338-6371.
[18] Yustiawan T, Nandini N. Literasi informasi kesehatan berstatus sosial menengah ke bawah. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia. 2018; 6 (2): 122-128.
[19] Kusuma, R. Hubungan pengetahuan dan sikap ibu postpartum tentang persalinan di fasyankes dengan pemilihan pertolongan persalinan. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi. 2018; 18 (3): 522-528.
[20] Kusuma, R. Efektifitas Model Pencegahan Depresi Postpartum-Ratu terhadap Pencegahan Depresi Postpartum. Disertasi, Program Doktor Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia. 2017. Depok: Universitas Indonesia.
[21] Notoatmodjo, S. ilmu perilaku kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta; 2014.
[22] Kusuma R, Fatmawati, T.Y & Julaecha. Monograf Kelas Ibu Nifas. Jambi: Salim Media Indonesia; 2021.
[23] Kusuma R, & Fatmawati, T.Y. Penerapan Model Pencegahan Depresi Postpartum-Ratu di Puskesmas Putri Ayu Kelurahan Legok Kecamatan Danau Sipin Kota Jambi, Logista, Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat. 2019; 3 92); 39-45: ISSN 2579-6283.
[24] Nurmayani, W., Syamdarniati, Mulianingsih M, Wasliah, I & Halid, S. Pendidikan kesehatan pada ibu hamil dan nifas tentang ASI ekslusif untuk meningkatkan cakupan ASI eksklusif. Jurnal Empathy. 2020; 1 (2); 155-164.
[25] Winarni, L.M., Ikhlasiah, M. & Sartika, R. Dampak latihan yoga terhadap kualitas hidup dan psikologis ibu nifas. Jurnal Kebidanan. 2020; 6 (1); 8-16
Published
2021-12-30
How to Cite
KUSUMA, Ratu; FATMAWATI, Tina Yuli; JULAECHA, Julaecha. PEMBENTUKAN DAN PELAKSANAAN KELAS IBU NIFAS DI PUSKESMAS KONI KOTA JAMBI. LOGISTA - Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 294-306, dec. 2021. ISSN 2655-951X. Available at: <http://logista.fateta.unand.ac.id/index.php/logista/article/view/772>. Date accessed: 17 may 2022. doi: https://doi.org/10.25077/logista.5.2.294-306.2021.
Section
Articles