PENDAMPINGAN MANAJEMEN WAKTU ANAK PADA MASA NORMAL BARU DI DUSUN DESEKAN KABUPATEN MAGELANG

CHILDREN'S TIME MANAGEMENT MENTORING IN NEW NORMAL PERIOD IN DUSUN DESEKAN MAGELANG REGENCY

  • Fiki Fitriyah Program Ekonomi Syariah STAI Al Husain
  • Yeny Fitriyani Program Ekonomi Syariah STAI Al Husain
  • Milna Wafirah Program Manajemen Pendidikan Islam STAI Al Husain
  • Achmad Labib Program Ekonomi Syariah Al Husain
  • Titis Rosowulan Program Manajemen Pendidikan Islam Al Husain

Abstract

Tatanan Hidup Baru (New Normal) dimasa pandemi COVID-19 memberikan pengalaman yang benar-benar baru bagi dunia pendidikan khususnya siswa Sekolah Dasar (SD) di Indonesia. Kewajiban untuk taat protokoler kesehatan yang salah satu klausulnya adalah tidak berkerumun dan menjauhi krumunan menjadikan kegiatan belajar mengajar sangat tidak biasa. Tidak ada tatapmuka baik dengan guru ataupun teman, semua dilakukan secara daring (online). Hal tersebut membuat pelajar mempunyai waktu luang yang banyak dan cenderung tanpa pengawasan baik dari orang tua maupun guru. Tujuan pengabdian ini adalah untuk mengoptimalkan waktu luang siswa dengan manajemen waktu di masa normal baru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode Participatory Action Research (PAR). Tahapan penting dalam PAR adalah Research (pemetaan masalah), Action (rencana aksi dalam penyelesaian masalah) and Participatory (orang tua dan siswa SD di Desa Desekan). Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, survei, dokumen dan wawancara. Pendampingan diharapakan dapat membantu siswa memahami pentingnya manajemen waktu dengan membuat jadwal kegiatan harian sehingga siswa dapat memanage waktunya dengan efektif dan efisien. Kesimpulan dari pengabdian ini adalah para siswa belum memahami dengan baik mengenai manajemen waktu dan banyak menghabiskan waktu dengan dawai dan bermain yang tidak berhubungan dengan pendidikan.


Kata kunci: Tatanan Hidup Baru, COVID-19, Manajemen Waktu, PAR


ABSTRACT


The New Living Order (New Normal) during the COVID-19 pandemic provided a completely new experience for the world of education, especially elementary school students in Indonesia. The obligation to comply with the Health protocol makes learning without face-to-face either with teachers or friends and everything is done online. This makes students have a lot of free time and tends to be without supervision from either parents or teachers. The aim of this service is to optimize students' free time with time management in the new normal. The method used in this study uses the Participatory Action Research (PAR) method. The important stages in PAR are Research (mapping problems), Action (action plans in solving problems) and Participatory (participation of parents and elementary students in Desekan village). The technique of collecting data was carried out by observation, surveys, documents and interviews. It is hoped that mentoring can help students understand the importance of time management by scheduling daily activities so that students can manage their time effectively and efficiently. The conclusion of this dedication is that the students do not understand well about time management and spend a lot of time with strings and games that are not related to education.


Keywords: New Normal, COVID-19, Time Management, PAR

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-06-30
How to Cite
FITRIYAH, Fiki et al. PENDAMPINGAN MANAJEMEN WAKTU ANAK PADA MASA NORMAL BARU DI DUSUN DESEKAN KABUPATEN MAGELANG. LOGISTA - Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 291-298, june 2021. ISSN 2655-951X. Available at: <http://logista.fateta.unand.ac.id/index.php/logista/article/view/671>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.25077/logista.5.1.291-298.2021.
Section
Articles