PENERAPAN E-COMMERCE PADA UMKM CENDERAMATA KERAJINAN ALIF

  • Satriadi Satriadi Manajemen, STIE Pembangunan Tanjungpinang
  • Dani Masrianto Manajemen, STIE Pembangunan Tanjungpinang
  • Deri Afrizon Manajemen, STIE Pembangunan Tanjungpinang
  • Hanifa Gustryanda Manajemen, STIE Pembangunan Tanjungpinang
  • Seri Mulyani Manajemen, STIE Pembangunan Tanjungpinang
  • Febri Lukita Akuntansi, STIE Pembangunan Tanjungpinang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon masyarakat  terhadap ecommerce, mengetahui dampak penerapan e-commerce terhadap perilaku masyrakat Kota Tanjungpinang, mengetahui tingkat kepuasan Masyrakat dalam melakukan transaksi perdagangan melalui e-commercedan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal dalam penerapan e-commerce pada usaha kecil dan menengah. . Jenis penelitian yang digunakan kulitatif, sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sekunder. Teknik analisis yang digunakan analisis Internal Factors Analysis dan External Factors Analysis serta analisis Strengths, Weaknesses, Opportunities, dan Threats. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan e-commerce hampir keseluruhan telah mengenal e-commerce sebagai transaksi jual beli online dengan menggunakan teknologi dan memanfaatkan media internet yang dapat digunakan kapan saja, dalam menggunakan e-commerce kendala yang dihadapi hanya dari jaringan internet yang belum bisa terakses disuatu tempat. E-commerce banyak kemudahan yang didapatkankan, lebih efektif dan efisien serta merasakan kepuasan setelah melakukan pembelian dengan menggunakan di Tanjungpinang. Berdasarkan jumlah kekuatan dan peluang yang lebih dominan dibandingkan kelemahan dan ancaman. E-commerce menjadikan perilaku masyarakat Kota Tanjungpinang menjadi konsumtif tetapi dengan adanya e-commerce masyarakat jugadapat memanfaatkannya untuk menawarkan produknya.


Kata kunci: E-commerce, UKM, SWOT, Strategi


ABSTRACT


This study aims to determine the public's response to e-commerce, determine the impact of the application of e-commerce on the behavior of the people of Tanjungpinang City, determine the level of public satisfaction in conducting trade transactions through e-commerce and identify internal and external factors in the application of e-commerce in small and medium enterprises. . . The type of research used is qualitative, the data sources used are primary and secondary data sources. The analysis technique used is the analysis of Internal Factors Analysis and External Factors Analysis and analysis of Strengths, Weaknesses, Opportunities, and Threats. The results of this study indicate that the application of e-commerce is almost entirely familiar with e-commerce as an online buying and selling transaction using technology and utilizing internet media that can be used at any time, in using e-commerce the constraints faced are only from the inaccessible internet network. at some place. E-commerce has many conveniences, is more effective and efficient and feels satisfaction after making a purchase using Tanjungpinang. Based on the number of strengths and opportunities that are more dominant than weaknesses and threats. E-commerce makes the behavior of the people of Tanjungpinang City consumptive, but with the existence of e-commerce, people can also use it to offer their products.


Keywords: E-commerce, UKM, SWOT, Strategy

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-06-30
How to Cite
SATRIADI, Satriadi et al. PENERAPAN E-COMMERCE PADA UMKM CENDERAMATA KERAJINAN ALIF. LOGISTA - Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 190-198, june 2021. ISSN 2655-951X. Available at: <http://logista.fateta.unand.ac.id/index.php/logista/article/view/664>. Date accessed: 17 sep. 2021. doi: https://doi.org/10.25077/logista.5.1.190-198.2021.
Section
Articles