PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI OPTIMALISASI PEMANFAATAN Trichoderma sp SEBAGAI DEKOMPOSER LIMBAH SERASAH KARET DAN PERANANNYA DALAM MENGENDALIKAN PENYAKIT JAMUR AKAR PUTIH

  • Reni Mayerni
  • Dewi Rezki
  • Sri Heriza

Abstract

ABSTRAK


KKN PPM ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Kelompok tani Tangkuban Perahu dan Kelompok tani Mekar melalui penyuluhan dan demonstrasi tentang penerapan teknologi pengendalian penyakit jamur akar putih pada tanaman karet di Kenagarian Tebing Tinggi dan Kenagarian Sungai Duo Kabupaten Dharmasraya. Metode kegiatan dilaksanakan dalam bentuk penyuluhan, pendampingan dan demontrasi plot. Respon dari mitra dalam kegiatan KKN PPM ini sangat positif dan memiliki animo yang tinggi untuk menerapkan teknogi pengendalian penyakit jamur akar putih pada tanaman karet.  Petani juga antusias untuk melakukan pembuatan kompos sebagai alternatif penggunaan pupuk dan adanya peluang usaha yang baru. Adapun output dari kegiatan ini adalah teknologi pengendalian jamur akar putih dan pembuatan pupuk kompos limbah serasah.  Setelah kegiatan ini dilakukan diharapkan mitra dapat menerapkan secara terus menerus dan dapat pula menyebarluaskan teknologi yang sudah diterima untuk diterapkan ke kelompok tani/ petani lainnya di kenagarian tersebut dan kenagarian lainnya.


Kata kunci: Pengendaian JAP, Karet, Kompos, Serasah, Trcihoderma sp


ABSTRACT


KKN PPM aims to increase knowledge and skill of Tangkuban Perahu farmer group and mekar sari farmer group through counseling and demonstration about the apllication of technology of white root fungus control on rubber plant in Kenagarian Tebing tinggi dan Sungai duo Kabupaten Dharmasraya.  Methods of activities carried out in the form of counseling, mentoring and demonstration plot.  Respons from patners in KKN PPM activity is very positive and has a high interest to apply teknologi control of white root fungus desease in rubber plants.  Farmers are also enthusiastiec to make compost as an alternative to the use fertilizer and the existence of new business opportunities.  The out put of this activity is the technology of white root fungus control and the manufacture of compost fertilizer waste litter.   After this activy is expented partners can apply continuously and can also disseminate technology that has been accepted to apply to other farmers groups in the kenagarian and other kenagarian.


Keywords : JAP filling, Rubber, Compost, Litter, Trichoderma sp

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-09-05
How to Cite
MAYERNI, Reni; REZKI, Dewi; HERIZA, Sri. PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI OPTIMALISASI PEMANFAATAN Trichoderma sp SEBAGAI DEKOMPOSER LIMBAH SERASAH KARET DAN PERANANNYA DALAM MENGENDALIKAN PENYAKIT JAMUR AKAR PUTIH. LOGISTA - Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 33-40, sep. 2017. ISSN 2655-951X. Available at: <http://logista.fateta.unand.ac.id/index.php/logista/article/view/55>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.25077/logista.1.2.33-40.2017.
Section
Articles