PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA MELALUI MEDIA FILM ANIMASI PADA SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH

IMPROVING STORY ABOUT SKILLS THROUGH MEDIA ANIMATED FILM IN GRADE IV MADRASAH IBTIDAIYAH STUDENTS

  • Nanda Saputra Prodi PGMI, STIT Al-Hilal Sigli
  • Lita Ariyanti Prodi PGSD, Universitas Nahdlatul Ulama Blitar, Kota Blitar
  • Kosilah Kosilah Prodi PGSD, Universitas Muhammadiyah Buton, Kota Bau-Bau
  • Miswar Saputra Prodi PAI, IAI Al-‘Aziziyah, Mideun Jok, Samalanga – Bireun

Abstract

Berdasarkan hasil observasi, menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran guru tidak menggunakan media pembelajaran dan tidak melibatkan siswa secara langsung. Hal ini mengakibatkan kurang maksimalnya keterampilan menyimak cerita siswa. Tujuan yang ingin dicapai adalah mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menyimak cerita, mendeskripsikan hasil belajar menyimak cerita siswa, serta mendeskripsikan kendala yang dialami selama pelaksanaan pembelajaran menyimak cerita dengan menggunakan media film animasi dan cara mengatasinya. Rancangan penelitian yang digunakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV MIN 17 Pidie. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan aktivitas pembelajaran mengalami peningkatan. Pada siklus I nilai ketercapaian yang diperoleh sebesar 69,12 dan siklus II sebesar 84,06. Semua kendala yang ada dapat diatasi dengan baik pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media film animasi dapat meningkatkan keterampilan menyimak cerita rakyat siswa kelas IV MIN 17 Pidie.


Kata Kunci: Keterampilan, Menyimak cerita, Media, Film animasi, Siswa


ABSTRACT


Based on the results of observations, it shows that in the learning process the teacher does not use learning media and does not involve students directly. This results in not maximal listening to students' story skills. The objectives to be achieved are to describe the implementation of learning to listen to stories, describe the learning outcomes of listening to students' stories, and describe the obstacles experienced during the learning process of listening to stories using animated film media and how to overcome them. The research design used was PTK (Classroom Action Research). Data collection techniques using observation techniques, tests and field notes. The data analysis technique used is descriptive qualitative and quantitative. The research subjects were teachers and students of class IV MIN 17 Pidie. The results showed that the implementation of learning activities had increased. In the first cycle, the achievement value obtained was 69.12 and the second cycle was 84.06. All the existing obstacles can be overcome properly in cycle II. Based on the results of this study, it can be concluded that the use of animated film media can improve the students' listening skills of folklore class IV MIN 17 Pidie.


Keywords: Skills, Listening to stories, Media, Animated films, Students

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Heru Kurniawan. 2015. Pembelajaran Kreatif Bahasa Indonesia. Jakarta: Prenamedia Group.
[2] Ida Karunia. 2014. Penggunaan Media Film Kartun Untuk Meningkatkan Keterapilan Menyimak Cerita Siswa Kelas VA SDN Balas klumprik. Jurnal Penggunaan Media Film Kartun, Vol. 2 No. 2.
[3] Djago Tarigan. 1992. Materi Pokok Pendidikan Bahasa Indonesia I Buku II. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
[4] Gorys Keraf. 2001. Komposisi: Sebuah suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa.
[5] Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menyimak sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
[6] Saddhono, Kundharu dan Slamet, ST. Y. 2012. Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia (Teori dan Aplikasi). Bandung: Karya Putra Darwati.
[7] Asiah, Nur. 2017. Analisis Kemampuan Praktik Strategi Pembelajaran Aktif Mahasiswa PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Raden Intan Lampung. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar. Volume 4, Nomor 1.
[8] Sudjana, Nana dan Rivai, Ahmad. 2010. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
[9] Putri, Weni Tria Anugrah dan Sri Hariani. 2013. Penggunaan Media Film Kartun Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Cerita di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Volume 1, Nomor 2.
[10] Herdiannanda, D. 2010. Pemanfaatan Film Kartun Sebagai Media Bantu Siswa dalam Penguasaan Kosakata Bahasa Mandarin di SMA Negeri 4 Surakarta. Laporan Tugas Akhir (D III). UNS, Surakarta. http://eprints.uns.ac.id/501/1/1668 10209201012171.pdf. Diakses tanggal 21 November 2020.
[11] Rahayu, T. W. dan A. Kristiyantoro. 2011. Mengoptimalkan Kompetensi Mahasiswa dalam Mata Kuliah Perkembangan Motorik Melalui Media Film Animasi. Jurnal media ilmu keolahragaan Indonesia. 1 (1): 10-16.
[12] Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
[13] Nana Sudjana. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Raja Rosda Karya
.
Published
2020-12-30
How to Cite
SAPUTRA, Nanda et al. PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA MELALUI MEDIA FILM ANIMASI PADA SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH. LOGISTA - Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 541-549, dec. 2020. ISSN 2655-951X. Available at: <http://logista.fateta.unand.ac.id/index.php/logista/article/view/537>. Date accessed: 26 feb. 2021. doi: https://doi.org/10.25077/logista.4.2.541-549.2020.
Section
Articles