PERBAIKAN USAHA PETERNAKAN MELALUI INTRODUKSI INOVASI DAN PENINGKATAN MOTIVASI DI KELOMPOK TARUKO SAIYO, KECAMATAN PAUH PADANG
LIVESTOCK BUSINESS IMPROVEMENT THROUGH INTRODUCTION INNOVATION AND IMPROVEMENT OF MOTIVATION IN THE TARUKO SAIYO GROUP, KECAMATAN PAUH PADANG
Abstract
Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini dilakukan pada usaha peternakan sapi potong di kelompok Taruko Saiyo, Kelurahan Cupak Tangah, Kecamatan Pauh Kota Padang. Permasalahan dikelompok sasaran adalah adopsi inovasi oleh peternakan rendah karena kurang mendapat penyuluhan dan motivasi usaha anggota kelompok menurun. Tujuan dari kegiatan ini adalah 1) Introduksi inovasi peternakan dan 2) Meningkatkan motivasi angota kelompok Taruko Saiyo dalam menjalankan usaha peternakan sapi Potong. Transfer pengetahuan pada kelompok sasaran di lakukan dengan menggunakan metode penyuluhan melalui pendekatan ceramah dan sosialisasi. Hasil dari kegiatan adalah terjadi perubahan perilaku sasaran terutama pada aspek koqnitif, yaitu perubahan pengetahuan anggota kelompok Taruko Saiyo dari tidak mengetahui jenis jenis inovasi peternakan menjadi tahu, baik itu inovasi pada aspek pakan, aspek reproduksi maupun inovasi dalam bentuk program dan kebijakan pemerintah. Terjadi peningkatan motivasi anggota kelompok sasaran yang tergambar dari bergabungnya kembali anggota kelompok yang sebelumnya sudah tidak aktif dari keanggotaan dan terpilihnya kepengurusan baru di kelompok Taruko Saiyo.
Kata Kunci: Introduksi Inovasi, Inovasi Peternakan, Motivasi Usaha, Perbaikan Usaha, Usaha Peternakan
ABSTRACT
This community service activity is carried out in the beef cattle business in the Taruko Saiyo group, Cupak Tangah Village, Pauh District, Padang City. The problem in the target group is the low adoption of innovation by farms due to lack of counseling and decreased business motivation of group members. The objectives of this activity are 1) Introducing livestock innovations and 2) Increasing the motivation of the Taruko Saiyo group members in running a beef cattle business. Transfer of knowledge to target groups is carried out using extension methods through lecture and socialization approaches. The result of the activity is that there is a change in target behavior, especially in the competitive aspect, namely a change in the knowledge of the Taruko Saiyo group members from not knowing the types of livestock innovations to knowing, both innovations in the aspects of feed, aspects of reproduction and innovation in the form of government programs and policies. There was an increase in the motivation of target group members as reflected in the rejoining of group members who had previously been inactive from membership and the election of new management in the Taruko Saiyo group.
Keywords: Introduction of Innovations, Livestock Innovation, Business Motivation, Business Improvement, Livestock Business