PENDIDIKAN KESEHATAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT TENTANG CUCI TANGAN YANG BENAR DI SD NEGERI 24 KOTA BENGKULU
HEALTH EDUCATION BEHAVIOR CLEAN AND HEALTHY LIVING ABOUT RIGHT HAND WASH IN PRIMARY SCHOOL 24 BENGKULU CITY
Abstract
Usia sekolah merupakan masa keemasan untuk menanamkan nilai-nilai perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) sehingga berpotensi sebagai agen perubahaan untuk mempromosikan PHBS, baik dilingkungan sekolah, keluarga dan masyarakat. Indikator yang dipakai sebagai ukuran untuk menilai PHBS di sekolah yaitu: Mencuci tangan dengan air yang mengalir dan menggunakan sabun, mengkonsumsi jajanan sehat di kantin sekolah, menggunakan jamban yang bersih dan sehat, olahraga yang teratur dan terukur, memberantas jentik nyamuk, tidak merokok di sekolah, menimbang berat badan dan mengukur tinggi badan setiap 6 bulan, membuang sampah pada tempatnya. Menjaga kebersihan tangan guna mencegah masuknya kuman ke dalam tubuh, dan hal itu dapat diwujudkan melalui tindakan mencuci tangan yang benar. Metode yang digunakan adalah diskusi, presentasi, roleplay dan menayangkan video tentang cuci tangan pakai sabun yang benar. Hasil evaluasi diketahui bahwa adanya peningkatan pengetahuan anak tentang perilaku hidup bersih dan sehat terutama tentang cara cuci tangan yang benar. Sehingga dengan adanya pendidikan ini anak-anak dapat berperilaku hidup bersih dan sehat.
Kata Kunci: Edukasi Cuci Tangan Anak Sekolah
ABSTRACT
School age is a golden age to instill the values of clean and healthy living behaviors that it has the potential to act as agents of change to promote clean and healthy living behaviors, both within the school, family and community. The indicators used as a measure to assess clean and healthy living behaviors in schools are: Washing hands with running water and using soap, consuming healthy snacks in the school canteen, using clean and healthy latrines, regular and measured exercise, eradicating mosquito larvae, not smoking in schools , weighing and measuring height every 6 months, throwing garbage in its place. Maintain hand hygiene to prevent germs from entering the body, and this can be realized through proper hand washing. The methods used are discussion, presentation, roleplay and showing a video about washing hands with the correct soap. The results of the evaluation showed that there was an increase in children's knowledge about clean and healthy living habits, especially about how to wash their hands properly. So that with this education children can behave in a clean and healthy life.
Keywords: Education Hand Wash School Children
Downloads
References
[2] Kementrian Kesehatan RI. Pedoman pembinaan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). 2008. Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat. Jakarta
[3] WHO. 2008. Unicef. Progress on drinking and sanitation Unicef & WHO. Gevana
[4] WHO. 2009. Guidelines on hand hygiene in healthcare. Gevana
[5] Departemen Kesehatan RI. 2012. Buku saku diare edisi 2011. Jakarta
[6] Departemen Kesehatan RI. 2009. Panduan peneyelengraan cuci tangan pakai sabun sedunia (HCTPS). Jakarta
[7] Notoatmojo. 2003. Pendidikan dan perilaku kesehatan. Rineka Cipta. Jakarta