PENYULUHAN DAMPAK GAWAI PADA ANAK MELALUI PROGRAM ORANG TUA SADAR GAWAI

EDUCATING THE IMPACT OF USING GADGET TO CHILDREN THROUGH PARENTS GADGET AWARE

  • Rahmatika Kayyis Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Univ. Muhammadiyah Pringsewu Lampung
  • Nihayati Nihayati Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Univ. Muhammadiyah Pringsewu Lampung
  • Siti Khoiriyah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Univ. Muhammadiyah Pringsewu Lampung

Abstract

Penggunaan gawai  ditengah masa pandemi COVID 19 sekarang ini sudah tidak bisa dihindarkan lagi. Baik buruknya dari pemanfaatan gawai ini harus diambil sebagai resiko atas tuntutan pendidikan jarak jauh yang digalakan oleh pemerintah. Kita sebagai orang tua wajib mengetahui dan mengawasi penggunaan gawai tersebut karena penggunaan gawai yang tidak bijak bisa saja malah menjadi sebuah ancaman serius pada perkembangan anak yang terkait pada moral, ahlak, aqidah, serta budaya anak generasi penerus kita. Tujuan pengabdian ini adalah memberikan penyuluhan kepada orang tua wali murid terhadap dampak penggunaan gawai pada anak. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian ini meliputi: survey dan penyuluhan Dampak dari kegiatan ini adalah meningkatkan kesadaran akan dampak gawai pada anak yang diukur dengan: 1) terciptanya kesadaran para orang tua tentang penggunaan gawai secara bijak, 2) peningkatan pengetahuan orang tua tentang upaya preventif menekan dampak negative dari penggunaan gawai pada anak, 3) peningkatan pengetahuan orang tua akan bahaya penyalah gunaan gawai oleh anak.


Kata Kunci: Covid 19, Daring, Sadar gawai, Orang tua, Anak


ABSTRACT


The use of gadgets during the COVID 19 pandemic is now unavoidable. The pros and cons of using this device must be taken as a risk for the demands of distance education that are promoted by the government. We as parents are obliged to know and supervise the use of these devices because the use of devices that are not wise can become a serious threat to children's development related to morals, morals, aqidah, and the culture of our future generations of children. The purpose of this community service is to provide information to the parents of students on the impact of using devices on children. The method of implementing this service activity includes surveys and counseling. The impact of this activity is to increase awareness of the impact of devices on children as measured by 1) creating awareness of parents about using devices wisely, 2) increasing parental knowledge about preventive efforts to reduce the negative impact of using devices on children, 3) increasing knowledge of parents about the dangers of misuse of devices by children.


Keywords: Covid 19, Online, Gadget Aware, Parents, Children

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1]Warisyah, Y. 2015. Pentingnya Pendampingan Dialogis Orang Tua Dalam Penggunaan Gawai Pada Anak Usia Dini: Prosding Seminar Nasional Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
[2] Kurniawati, D. (2020). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Prestasi Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan Vol 2 No. 1, 79-84.
[3] Hasanah, N., & Kumalasari, D. (2015). PenggunaanHandphone Dan Hubungan Teman Pada Perilaku Sosial Siswa Smp Muhammadiyah Luwuk Sulawesi Tengah. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 2(1), 55–70. https://doi.org/10.21831/HSJPI.V2I1.4613.
[4] Ameliola, S., Nugraha, D.H. (2013). Perkembangan Media Informasi dan Teknologi Terhadap Anak dalam Era Globalisasi.Malang : Universitas Brawijaya. http://icssis.files.wordpress. com/2013/09/2013-0229.pdf. Diakses 12 september 2014.
[5] Priatno, P., & Marantika, D. (2017). Analisa Penerimaan Teknologi Informasi Terhadap Prestasi Anak Menggunakan Metode Technology Acceptance Model. In Konferensi Nasional Ilmu Sosial & Teknologi 2017 (pp. 584–589). Bandung: LPPM Univesitas BSI Bandung. Retrieved from http://seminar.bsi.ac.id/knist/index.php/kn ist/article/view/601.
[6] Widiawati, I., Sugiman, H., & Edy. (2014). Pengaruh penggunaan gadget terhadap daya kembang anak.Jakarta : Universitas Budi Luhur. http://stmikglobal.ac.id/wpcontent/uploads/2014/05/ARTIKELIIS. pdf. Diakses 12 September 2014.
[7] Setiawan, Denny., dkk. 2008. Komputer dan Media Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.
[8] Fadilah, A. (2011). Pengaruh Penggunaan Alat Komunikasi Handphone (HP) terhadap Aktivitas Belajar Siswa SMP Negeri 66 Jakarta Selatan (skripsi).Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.
Published
2020-12-30
How to Cite
KAYYIS, Rahmatika; NIHAYATI, Nihayati; KHOIRIYAH, Siti. PENYULUHAN DAMPAK GAWAI PADA ANAK MELALUI PROGRAM ORANG TUA SADAR GAWAI. LOGISTA - Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 323-329, dec. 2020. ISSN 2655-951X. Available at: <http://logista.fateta.unand.ac.id/index.php/logista/article/view/508>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.25077/logista.4.2.323-329.2020.
Section
Articles