PEMANFAATAN KELAS IBU HAMIL SEBAGAI MEDIA EDUKASI DI PUSKESMAS PUTRI AYU, KOTA JAMBI

UTILIZATION OF KELAS IBU HAMIL AS EDUCATIONAL MEDIA IN PUTRI AYU HEALTH CENTER, JAMBI CITY

  • Ratu Kusuma Prodi Ners, STIKes Baiturrahim, Jambi
  • Armina Armina Prodi S1 Keperawatan, STIKes Baiturrahim, Jambi
  • Ahmad Dahlan Prodi Sanitasi Lingkungan, Program Sarjana Terapan, Poltekkes Kemenkes Jambi

Abstract

Kegiatan pengabdian ini dilakukan di Puskesmas Putri Ayu Kota Jambi, dimana Kelas Ibu Hamil merupakan salah satu kegiatan rutin pada Program Kesehatan Ibu dan Anak, namun belum semua ibu hamil sasaran yang mengikuti kegiatan tersebut. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan pengetahuan, perubahan sikap dan tindakan ibu tentang Kelas Ibu Hamil. Rangkaian kegiatan telah dilakukan pada Februari-Agustus 2020, namun proses edukasi baru bisa dilaksanakan pada Juli-Agustus 2020 karena kendala covid-19. Metode edukasi yang awalnya direncanakan dalam bentuk edukasi kelompok, tetapi pelaksanaannya berupa edukasi perorangan terhadap 9 ibu hamil masing-masing 3 kali pertemuan yaitu ibu yang melakukan kunjungan antenatal dengan menerapkan protokol kesehatan  (mencuci tangan, menggunakan masker, pelindung wajah dan physical distancing). Materi disampaikan melalui leaflet yang dibagikan sebelumnya,  terdapat 1 ibu yang tidak bisa membaca sehingga leaflet dibacakan oleh penyuluh sambil dijelaskan satu persatu. Sebelum dan setelah edukasi, dilakukan test menggunakan kuesioner, hasil yang didapatkan: 1) terjadi peningkatan rerata pengetahuan (3,12) dan peningkatan rerata sikap (5,97); 2) sebanyak 66,67% ibu tidak pernah mengikuti Kelas Ibu Hamil; 3) ibu, suami/keluarga aktif mengikuti edukasi sampai selesai; dan 4) ibu-ibu bersedia mengikuti Kelas Ibu Hamil jika kegiatan tersebut kembali dilakukan setelah pandemi covid-19. Pelaksanaan edukasi ini mampu merubah perilaku ibu tentang Kelas Ibu Hamil.


Kata kunci: Kelas, Ibu, Hamil, Media, Edukasi


ABSTRACT


This activity was carried out at Putri Ayu Health Center in Jambi City, Kelas Ibu Hamil is one of the routine activities in the Maternal and Child Health Program, but not all pregnant women target participated in this activity. This activity aims to increase knowledge, change attitudes and actions pregnant women about Kelas Ibu Hamil. A series of activities were carried out in February-August 2020, but the educational process is carried out on Juli-August 2020 caused by the covid-19 pandemic. The educational method is planned in group education, but its implementation is individual education to 9 pregnant women each of 3 meetings, given to pregnant women who make antenatal visits, implementing health protocols (use masks, face shields and physical distance). The material was delivered through the previous leaflet, there was 1 pregnant women who could not read so that the instructor read the brochures one by one. Before and after education, a test was conducted using a questionnaire, the results obtained were: 1) increased knowledge average (3,12) and attitudes average (5,97) of pregnant women; 2) as much 66,67% pregnant women never attended the Kelas Ibu Hamil; 3) pregnant women, husband or family actively participate in education until it is finished; and 4) pregnant women are willing to take part in the Kelas Ibu Hamil if the activity is carried out again after the Covid-19 pandemic. The implementation of this education is able to change the behavior of pregnant women about Kelas Ibu Hamil.


Keywords: Kelas, Ibu, Hamil, Educational, Media.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2017. Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2016. Jakarta: Kemenkes RI.
[2] Puskesmas Putri Ayu Kota Jambi. 2018. Profil Puskesmas Putri Ayu Tahun 2018. Jambi: Puskesmas Putri Ayu.
[3] Personal Komunikasi, Februari 2020
[4] Kemenkes RI. 2014. Pedoman Pelaksanaan Kelas Ibu Hamil. Jakarta: Kemenkes RI.
[5] Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2017. Sustainable Develovment Goals (SDGs). Jakarta: Kemenkes RI.
[6] Kemenkes RI. 2014. Pegangan Fasilitator Kelas Ibu Hamil. Jakarta: Kemenkes RI.
[7] Notoatmodjo, S. 2015. Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
[8] Notoatmodjo, S. 2012. Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
[9] Pastuti, R., Rochmah, KM. & Herawati, T. 2010. Risiko KEK pada Bumil Remaja (15-19 Tahun) di Kota Pontianak. Tesis FIK-UI. Depok.
[10] Wahyuni & Nikmah, L. 2013. Manfaat Senam Hamil untuk Meningkatkan Durasi Tidur Ibu Hamil. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 8 (2): 145;152.
[11] Emiyanti, dkk. (2017) Analisis Faktor yang Berhubungan dengan Keikutsertaan Kelas Ibu Hamil Januari-Juli Tahun 2017 di Kecamatan Muara Tembesi Batanghari Jambi. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 5 (4): 801-811, ISSN 2356-3346.
[12] Chasanan, U & Ratifah. 2013. Hubungan Pengetahuan Ibu Hamil tentang Kelas Ibu Hamil dengan Motivasi Mengikuti Kelas Ibu Hamil di Puskesmas Mandiraja Kabupaten Banjar Negara. Jurnal Ilmiah Kebidanan, 4 (1): 211-219.
[13] Desmariyenti & Hartati, S. 2019. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Keikutsertaan Ibu Hamil dalam Kelas Ibu Hamil. Jurnal Phonton, 9 (2): 114-122.
Published
2020-12-30
How to Cite
KUSUMA, Ratu; ARMINA, Armina; DAHLAN, Ahmad. PEMANFAATAN KELAS IBU HAMIL SEBAGAI MEDIA EDUKASI DI PUSKESMAS PUTRI AYU, KOTA JAMBI. LOGISTA - Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 373-378, dec. 2020. ISSN 2655-951X. Available at: <http://logista.fateta.unand.ac.id/index.php/logista/article/view/504>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.25077/logista.4.2.373-378.2020.
Section
Articles