EDUKASI PEMANFAATAN PELAYANAN POSYANDU PASCA PANDEMIK COVID-19 MEMASUKI MASA NEW NORMAL DALAM PENINGKATAN KESEHATAN MASYARAKAT

EDUCATION OF POSYANDU SERVICE UTILIZATION POST PANDEMIC COVID-19 ENTERS A NEW NORMAL TIME IN IMPROVING COMMUNITY HEALTH

  • Marni Br Karo Program Studi Kebidanan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Medistra Indonesia http://orcid.org/0000-0002-7601-4746
  • Ernauli Meilyana Program Studi Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Medistra Indonesia
  • Lina Indrawati Program Studi Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Medistra Indonesia
  • Arapta M. Peraten Program Studi Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Medistra Indonesia

Abstract

Pos pelayanan terpadu (Posyandu) merupakan wadah titik temu antara pelayanan professional dari petugas kesehatan dan peran serta masyarakat dalam menanggulangi masalah kesehatan masyarakat, terutama dalam upaya penurunan angka kematian bayi dan angka kelahiran. Pandemik covid-19 menyebabkan masyarakat takut akan memanfaatkan pelayanan kesehatan di posyandu khusunya ibu yang mempunaya anak balita enggan membawa bayinya dimasa era new norma dan adaptasi, sehingga perlunya dilakukan edukasi ke masyarakat tentang pemnfaatan pelayanan kesehatan di masa new normal ini dengan memperhatikan protokol kesehatan sesuai ketetapan pemerintah. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan meningkatakan pengetahuan dan kesadaran masyarakat tentang pemanfaatan pelayanan kesehatan di posyandu pada masa new normal  dan masa adaptasi. Program ini dilaksanakan pada tanggal 28-19 Juli 2020 dalam bentuk penyuluhan kesehatan kepada kader kesehatan dan masyarakat dengan jumlah peserta 61 orang dengan mengajukan pertanyaan pada sesi diskusi. Tim dosen yang melakukan pengabdian mengharapkan partisipasi kader untuk pendampingan kepada masyarakat khusunya ibu yang mempunyai anak balita agar mau datang ke posyandu dalam peningkatan kesehatan ibu dan anak.


Kata kunci: Covid-19, Eduksasi, Kesehatan masyarakat, New normal, Posyandu


ABSTRACT


Integrated service posts (Posyandu) are a meeting point for professional services from health workers and community participation in overcoming public health problems, especially in efforts to reduce infant mortality and birth rates. The Covid-19 pandemic has caused the public to be afraid to take advantage of health services at posyandu, especially mothers who have children under five are reluctant to bring their babies in the era of new norms and adaptations, so it is necessary to educate the public about the use of health services in this new normal period by paying attention to health protocols according to the provisions government. The purpose of this community service activity is to increase public knowledge and awareness about the use of health services at posyandu during the new normal and adaptation periods. This program was carried out on 28-19 July 2020 in the form of health education to health and community cadres with a total of 61 participants by asking questions in discussion sessions. The team of lecturers who do the service hopes for the participation of cadres to provide assistance to the community, especially mothers with toddlers to come to the posyandu in improving the health of mothers and children.


Keywords: Covid-19, Education, Public health, New normal, Posyandu

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] M. A. Islam et al., 2018.“No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title,” Isbn, vol. 4, no. 1, pp. 121–138.
[2] Mukmin P dkk, 2015“Analisis Ketersediaan Infrastruktur Kesehatan Dan Aksebilitas Terhadap Pembangunan Kesehatan Penduduk Di Provinsi Sumatera Utara,” Media Neliti, no. 2002, p. 15.
[3] M. Mahyarni, 2016“Penyuluhan Sosial Bagi Para Kader Pos Pelayanan Terpadu Untuk Meningkatkan Gizi Balita Di Kecamatan Kuok,” Kutubkhanah, vol. 18, no. 2, pp. 176–186.
[4] E. Suharto, 2014. Membangun masyarakat, memberdayakan rakyat : kajian strategis pembangunan kesejahteraan sosial dan pekerjaan sosial.
[5] R. Bangun, S. E. Penjadwalan, A. Tenggara, and M. Ukbm, 2020.“Monitoring Perkembangan Bayi Berbasis Android Design And Development Of Baby-Based Development And Monitoring E-Posyandu System Pendahuluan Pembangunan kesehatan adalah bagian integral dari program pem- bangunan secara keseluruhan . Jika dilihat dari kepe,” J. Inf. Technol. Comput. Sci., vol. 3, pp. 22–33.
[6] S. Dinengsih and T. Hartati,2017 “Hubungan antara pengetahuan, pembinaan kader, dalamanya menjadi kader dengan keaktifan kader dalam kegiatan Posyandu di Desa Babelan Kota wilayah kerja Puskesmas Babelan di Kabupaten Bekasi,” J. Ilm. Kesehat., vol. 7, no. 12, pp. 49–55.
[7] D. Stit, A.- Qur, A. Indralaya, O. Ilir, and S. Selatan,2020 “Modal Kegiatan Usaha,” vol. 1, no. 02, pp. 28–48.
[8] N. Hafifah and Z. Abidin, 2020,“Peran Posyandu dalam Meningkatkan Kualitas Kesehatan Ibu dan Anak di Desa Sukawening, Kabupaten Bogor,” J. Pus. Inov. Masy., vol. 2, no. 5, pp. 893–900.
[9] H. Gulo, M. R. Afifah, P. A. Harahap, and D. Khairiyah, 2019.“The importance of health and posyandu in increasing the potential of villages towards intelligent communities,” vol. 4, no. 2, pp. 939–942.
[10] A. Fristiohady, M. M. Nur, and R. B. Ramadhani, 2020. “Edukasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat ( GERMAS ) di Posyandu Kecamatan Poasia dan Kecamatan Kambu Education of Healthy Living Community Movement ( GERMAS ) at Posyandu in Poasia and Kambu Sub-District,” vol. 1, no. 1.
[11] Satriani, Syarifuddin Yusuf, and Ayu Dwi Putri Rusman, “Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kunjungan Balita Ke Posyandu Di Wilayah Kerja Puskesmas Mangkoso Kabupaten Barru,” J. Ilm. Mns. Dan Kesehat., vol. 2, no. 3, pp. 473–485, 2019, doi: 10.31850/makes.v2i3.192.
[12] E. Saepuddin, E. Rizal, and A. Rusmana, 2018.“Posyandu Roles as Mothers and Child Health Information Center,” Rec. Libr. J., vol. 3, no. 2, p. 201, doi: 10.20473/rlj.v3-i2.2017.201-208.
[13] B. Amil et al., 2020 “No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title,” J. Chem. Inf. Model., vol. 21, no. 1, pp. 1–9.
[14] Direktorat, K. Primer, D. Jenderal, P. Kesehatan, and K. Kesehatan,2020 pelayanan pada masa pandemi COVID-19 di pukesmas.
[15] Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, 2020.“Petunjuk Teknis Pelayanan Imunisasi Pada Masa Pandemi Covid-19,” Covid-19 Kemenkes, p. 47.
[16] Imam Rofiki and Siti Roziah Ria Famuji,2020. “Kegiatan Penyuluhan dan Pemeriksaan Kesehatan untuk Membiasakan PHBS bagi Warga Desa Kemantren,” Din. J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 4, no. 4, pp. 628–634, doi: 10.31849/dinamisia.v4i4.3992.
Published
2020-12-30
How to Cite
KARO, Marni Br et al. EDUKASI PEMANFAATAN PELAYANAN POSYANDU PASCA PANDEMIK COVID-19 MEMASUKI MASA NEW NORMAL DALAM PENINGKATAN KESEHATAN MASYARAKAT. LOGISTA - Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 604-610, dec. 2020. ISSN 2655-951X. Available at: <http://logista.fateta.unand.ac.id/index.php/logista/article/view/459>. Date accessed: 26 feb. 2021. doi: https://doi.org/10.25077/logista.4.2.604-610.2020.
Section
Articles