MERAIH POTENSI KONSUMEN PEHOBI MELALUI KAMPANYE PEMASARAN DI MASA PANDEMI: PENGEMBANGAN TERNAK AYAM CEMANI DI CILEBUT, KABUPATEN BOGOR

ACHIEVING THE POTENTIAL OF SPECIAL CONSUMERS THROUGH MARKETING CAMPAIGNS IN THE PANDEMIC ERA: CEMANI HUSBANDRY DEVELOPMENT IN CILEBUT, BOGOR

  • Eli Jamilah Mihardja Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial, Universitas Bakrie, Jakarta
  • Mirsa Diah Novianti Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Bakrie
  • Tri Susanto Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Bakrie
  • Diki Surya Irawan Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Bakrie
  • Fatin Adriati Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Bakrie

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini ditujukan untuk membangun added value ternak ayam cemani skala rumahan dengan mengimplementasikan strategi kampanye pemasaran digital dan memanfaatkan trending issues. Pandemi Covid19 membuat masyarakat menghabiskan waktu di rumah dan mencari kegiatan atau hobi baru. Peluang hobi ini terbuka untuk dijadikan pemasaran ayam cemani dengan menumpang trend yang sedang berlaku (riding the wave). Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini masih berlangsung dan menghasilkan beberapa temuan serta rekomendasi untuk keberlanjutan program.


Kata kunci: Ternak ayam cemani, Ternak skala rumah tangga, Kampanye pemasaran,


                     Riding the wave strategy


 


ABSTRACT


This community service activity is aimed at building added value for home-scale ayam cemani (Indonesian traditional black chicken) by implementing a digital marketing campaign strategy and taking advantage of trending issues. The Covid19 pandemic has made people spend time at home and look for new activities or hobbies. This hobby opportunity is open for marketing chicken by riding the current trend (riding the wave). Activities are still ongoing and have resulted in several findings and recommendations for the sustainability of the program.


Keywords:  Cemani chicken husbandry, Household scale livestock, Marketing campaign,   


                     Riding the wave strategy

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Ansolabehere, S., & Iyengar, S. 1994. Riding the wave and claiming ownership over issues: The joint effects of advertising and news coverage in campaigns. Public Opinion Quarterly, 58(3), 335-357.
[2] Priambada, S. 2015. Manfaat penggunaan media sosial pada usaha kecil menengah (UKM). SESINDO 2015, 2015.
[3] Khasanah, F. N., Samsiana, Handayanto, R. T., Gunarti, A. S. S., & Raharja, I. 2020. Pemanfaatan Media Sosial dan Ecommerce Sebagai Media Pemasaran Dalam Mendukung Peluang Usaha Mandiri Pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Sains Teknologi dalam Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 51-62.
[4] Syahputro, E. N. 2020. Melejitkan Pemasaran UMKM Melalui Media Sosial. Gresik: Ceremedia Communication
[5] Oktiyani, R. 2020. Pengembangan Strategi Pemasaran Ayam Barokah Melalui Digital Marketing. Widya Cipta: Jurnal Sekretari dan Manajemen, 4(2), 183-190.
[6] Rusmanah, E., Irawan, A. W., & Andria, F. 2019. Implementasi Digital Marketing Guna Peningkatan Peluang Pasar Produksi Hasil Ternak Puyuh Masyarakat Desa Galuga. Jurnal ABM Mengabdi, 6(1), 14-25.
[7] Edi Laks. 2009. Beternak Ayam Cemani Menjajikan Keuntungan Besar Bisa Laku Jutaan Rupiah. Website temanggung.kab.go.id. diakses 2 Agustus 2020.
[8] Shao, J., Rodriguez, M. A. D., & Gretzel, U. 2012. Riding the social media wave: Strategies of DMOs who successfully engage in social media marketing. Social media in travel, tourism and hospitality, 87-98.
[9] Briantono, B. 2015. 7 Keajaiban dan misteri ayam cemani, dari mistis hingga sains.merdeka.com. Diakses 2 Agustus 2020.
[10] Bessen, J. .1993. Riding the marketing information wave. Harvard Business Review, 71(5), 150-160
[11] Marketer Editor. 2015) Mengenal Konsep 5A, PAR, dan BAR. www.marketereditor. Diakses 4 Agustus 2020.
Published
2021-12-30
How to Cite
MIHARDJA, Eli Jamilah et al. MERAIH POTENSI KONSUMEN PEHOBI MELALUI KAMPANYE PEMASARAN DI MASA PANDEMI: PENGEMBANGAN TERNAK AYAM CEMANI DI CILEBUT, KABUPATEN BOGOR. LOGISTA - Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 158-166, dec. 2021. ISSN 2655-951X. Available at: <http://logista.fateta.unand.ac.id/index.php/logista/article/view/428>. Date accessed: 26 feb. 2021. doi: https://doi.org/10.25077/logista.4.2.158-166.2020.
Section
Articles