PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMBUATAN TOKO ONLINE PADA UMKM OLAHAN SINGKONG SEBAGAI ALTERNATIF PEMASARAN PRODUK

TRAINING AND ASSISTANCE OF OPENING AN ONLINE SHOP ON CASSAVA PROCESSING SMEs AS ALTERNATIVE PRODUCT MARKETING

  • Fitri Suciati Agroindustri, Politeknik Negeri Subang
  • Laras Sirly Safitri Agroindustri, Politeknik Negeri Subang
  • Atika Romalasari Politeknik Negeri Subang
  • Nurul Mukminah Agroindustri, Politeknik Negeri Subang
  • Ferdi Fathurohman Agroindustri, Politeknik Negeri Subang

Abstract

Batu Busuk merupakan kampung yang memiliki potensi wisata alam, peninggalan bersejarah, agrowisata dan budaya. Tujuan kegiatan ini adalah mengangkat dan mempromosikan potensi wisata Batu Busuk melalui penjualan kuliner olahan dan kontes buah durian. Metode pengabdian masyarakat yang diterapkan meliputi kegiatan penyuluhan, demonstrasi, pelatihan dan pendampingan sesuai dengan pelaksanaan kegiatan yang berlangsung secara berkelanjutan. Kedua kegiatan yaitu penjualan produk olahan dan kontes buah durian memberikan pengalaman baru bagi pengunjung karena unik dan tidak ditemui pada daerah tujuan wisata lainnya di Sumatera Barat. Dengan demikian kedua atraksi wisata ini dapat menjadi salah satu aktivitas promosi wisata Batu Busuk yang efektif. Seluruh wisatawan yang berkunjung menganggap penting bahwa kegiatan serupa dilakukan secara berkelanjutan. Khusus untuk kontes durian, seluruh responden (42 orang) baik stakeholder, pengunjung dan peserta kontes setuju bahwa kegiatan kontes seharusnya menjadi tanggung jawab pemerintah daerah, sehingga di masa mendatang pemerintah daerah sudah harus mengambil peran yang lebih besar untuk kemajuan wisata Batu Busuk.


Kata kunci: agrowisata, keberlanjutan, kuliner, promosi


ABSTRACT


Batu Busuk is a village with the potential for nature tourism, historical heritage, agro-tourism and culture. This activity aims to raise and promote the tourism potential of Batu Busuk through the sale of processed culinary delights and a durian fruit contest. The community service method applied includes counselling activities, demonstrations, training and mentoring following ongoing activities. The two activities, namely the sale of processed products and the durian fruit contest, provide new experiences for visitors because they are unique and cannot be found in other tourist destinations in West Sumatra. Thus, these two tourist attractions can be one of the practical Batu Busuk tourism promotion activities. All tourists who visit consider it necessary that similar activities are carried out sustainably.  Especially for the durian contest, all respondents (42 people), including stakeholders, visitors and contestants, agreed that the contest activities should be the responsibility of the local government; hence the local government should take a more significant role in the progress of Batu Busuk tourism.


Keywords: agrotourism, sustainability, culinary, promotion

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] ABDSI. 2020. Penurunan Penjualan UMKM Imbas Pandemi Covid-19. Diunduh pada 21 Juli 2020 melalui https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/06/10/penurunan-penjualan-umkm-imbas-pandemi-covid-19.
[2] Jauhari, Jaidan. 2010. Upaya Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dengan Memanfaatkan E-Commerce. Jurnal Sistem Informasi, 2(1), 159-168
[3] Karyati, I. P. E-commerce untuk UMKM dan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia. Kementerian Keuangan [Online] https://bppk.kemenkeu.go.id/content/berita/pusdiklat-keuangan-umum-ecommerce-untuk-umkm-dan-pertumbuhan-ekonomi-indonesia-2019-11-05-ebe6e220/ diakses tanggal 25 November 2020.
[4] Tiandra, N., Hambali, D., Nurasia., dan Rosalina, N. 2019. Analisis Pengaruh E-Commerce terhadap Peningkatan Kinerja UMKM (Studi Kasus pada UMKM di Kabupaten Sumbawa). Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, 4(1), 6-10.
[5] Endriastuti, A. dan Permatasari, M.P. 2018. Pelatihan Pemasaran, Pemberdayaan Toko Online, dan Pengenalan m-commerce pada Produk Unggulan Jagung Tortila di Kecamatan Trucuk Kabupaten Bojonegoro. MARTABE: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1(2), 56-66.
[6] Sovania, E., dan Selliamanik, I. 2019. Pengaruh Promosi Media Situs Jual Beli Online terhadap Peningkatan Penjualan Produk UMKM. Journal of Applied Business and Economic 5(4), 262-273.
[7] Servanda, I.R., Sari, P. R. K., dan Ananda, N.A. 2019. Peran Ulasan Produk dan Foto Produk yang Ditampilkan Penjual pada Marketplace Shopee terhadap Minat Beli Pria dan Wanita. Jurnal Manajemen dan Bisnis 2(2), 69-79.
[8] Slamet, R., Nainggolan, B., Roessobiyatno, Ramdani, H., Hendriyanto, A., & Ilma, L.L. (2017). Strategi Pengembangan Ukm Digital Dalam Menghadapi Era Pasar Bebas. Jurnal Manajemen Indonesia 16(2),136. doi: 10.25124/jmi.v16i2.319.
[9] Satriadi, Masrianto, D., Afrizon, D., Gustryanda, H., Mulyani, S., dan Lukita, F. 2021. Penerapan E-commerce pada UMKM Cenderamata Kerajinan Alif. Logista Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat 5(1), 190-198. doi: https://doi.org/10.25077/logista.5.1.190-198.2021
Published
2021-12-30
How to Cite
SUCIATI, Fitri et al. PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMBUATAN TOKO ONLINE PADA UMKM OLAHAN SINGKONG SEBAGAI ALTERNATIF PEMASARAN PRODUK. LOGISTA - Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 195-201, dec. 2021. ISSN 2655-951X. Available at: <http://logista.fateta.unand.ac.id/index.php/logista/article/view/392>. Date accessed: 17 may 2022. doi: https://doi.org/10.25077/logista.5.2.195-201.2021.
Section
Articles