MEREK DAN MEDIA SOSIAL MANAJEMEN PADA USAHA BATUR DEKORASI DI KECAMATAN TEGALLALANG, KABUPATEN GIANYAR, BALI

BRANDING AND SOCIAL MEDIA MANAGEMENT FOR SMALL BUSINESS INDUSTRY BATUR DEKORASI, KECAMATAN TEGALLALANG, GIANYAR, BALI

  • Bagus Made Sabda Nirmala Fakultas Informatika dan Komputer, Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Pande Putu Gede Putra Pertama Fakultas Informatika dan Komputer, Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali

Abstract

Batur Dekorasi Bali merupakan usaha yang berfokus pada dekorasi tradisional khususnya untuk upacara adat di Bali seperti Upacara Mepandes (pernikahan Bali) dan Upacara-upacara lainnya. Batur Dekorasi Bali atau BTR Dekorasi Bali melayani kebutuhan pelanggan dari sewa seperti gayor tradisional Bali, dekorasi ruangan, sewa tenda dan sewa kursi. Saat ini BTR sering menerima pemesanan dari kerabat. Branding logo belum dimiliki oleh BTR hingga manajemen media sosial juga belum dikelola dengan baik. Pengabdian ini bertujuan membantu usaha Batur Dekorasi Bali atau BTR untuk branding logo atau produk jasa mitra agar bisa lebih dikenal oleh masyarakat. Selain itu juga diberikan penyuluhan berupa manajemen media sosial yang baik sehingga bisa membantu mitra lebih dikenal melalui dunia maya khususnya media sosial. Hasil yang dicapai pada pengabdian ini yaitu redesign branding logo usaha, sebagai media pengenalan atau awareness yang bisa digunakan dalam melakukan promosi media sosial Instagram. Selain itu dilakukan migrasi akun instagram dari personal ke business account instagram. Sebanyak 67% anggota mitra menyatakan bahwa pengabdian tentang branding dan manajemen media sosial Instagram bermanfaat untuk UKM mitra.


Kata kunci: Dekorasi bali, Media sosial instagram, Branding logo


ABSTRACT


Batur Dekorasi Bali is a small business that focuses on traditional decoration for example Balinese ceremonies such as Mepandes Ceremony (wedding). Batur Dekorasi Bali or BTR Dekorasi Bali serve the needs of customers from rentals such as traditional Balinese gayor, room decorations, tent rentals and chair rentals. Nowadays BTR often accepts orders from their partner who need rent tent or chair. Branding logo are not yet applied by BTR and social media management is also not well managed. This report aims to help Batur Decoration Bali or BTR businesses to branding their logos or service products to be better known by the public or prospect customer. In addition, counseling will also be given in the form of how to do social media management, so that it can help BTR to better known by the wider community through online media, especially instagram. The results achieved in this report are redesigning the business logo for branding purpose, as an awareness media that can be used in promotions through Instagram, migration from personal to business account. About 67% of member Batur Dekorasi Bali agree this event help them know better about branding and social media management.


Keywords: Balinese Decoration, Social media instagram, Branding

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-11
How to Cite
SABDA NIRMALA, Bagus Made; PERTAMA, Pande Putu Gede Putra. MEREK DAN MEDIA SOSIAL MANAJEMEN PADA USAHA BATUR DEKORASI DI KECAMATAN TEGALLALANG, KABUPATEN GIANYAR, BALI. LOGISTA - Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 136-142, dec. 2020. ISSN 2655-951X. Available at: <http://logista.fateta.unand.ac.id/index.php/logista/article/view/297>. Date accessed: 26 feb. 2021. doi: https://doi.org/10.25077/logista.4.2.136-142.2020.
Section
Articles