UPAYA PROMOTIF DAN PREVENTIF UNTUK MENGURANGI RISIKO YANG DITIMBULKAN OLEH ROKOK DI KELURAHAN RANCAMAYA

PROMOTIVE AND PREVENTIVE EFFORTS TO REDUCE RISKS POSED BY CIGARETTES IN RANCAMAYA SUB-DISTRICT

  • Ade Saputra Nasution Universitas Ibn Khaldun Bogor

Abstract

Merokok sudah menjadi kebutuhan dan gaya hidup masyarakat Indonesia, rokok menimbulkan banyak permasalahan bagi perokok itu sendiri bahkan lebih berisiko pada orang yang tidak merokok tapi menghirup asap rokok (perokok pasif). Permasalahan rokok di Indonesia masih menjadi perhatian dari pemerintah namun masih tingginya angka perokok dimulai dari anak-anak, remaja, dewasa dan lansia, perilaku merokok tidak memandang jenis kelamin bahkan berdasarkan hasil riskesdas perilaku merokok yang kenaikannya sangat besar terjadi pada perempuan. Perilaku merokok ini sangat membahayakan kesehatan maka dari itu perlu dilakukan sebuah upaya untuk mengurangi perilaku merokok maupun dampak yang ditimbulkan akibat rokok baik bagi perokok aktif maunpun perokok pasif. Upaya yang dilakukan dalam pengabdian masyarakat adalah upaya promotif yaitu penyuluhan KUTARO (lingkungan tanpa rokok) dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk peduli terhadap kesehatan dan lingkungan, upaya selanjutnya yaitu upaya preventif seperti penanaman lidah mertua yang berfungsi untuk mengikat radikal bebas yang berasal dari asap rokok yang ada di udara, dan demo pembuatan pudding mangga yang memiliki kandungan antioksidan, dimana antioksidan dapat mengikat radikal bebas yang masuk ke tubuh supaya tidak merusak organ dan kegiatan ini juga bermanfaat untuk menambah usaha masyarakat sehingga ada peningkatan status ekonomi.


Kata Kunci: Rokok, Promotif, Preventif


ABSTRACT


Smoking has become a necessity and lifestyle of the people of Indonesia, cigarettes cause many problems for smokers themselves are even more risky for people who do not smoke but inhale cigarette smoke (passive smokers). The problem of smoking in Indonesia is still a concern of the government, but the high number of smokers starting from children, adolescents, adults and the elderly, smoking behavior does not look at gender even based on the results of risk smoking behavior that a very large increase occurred in women. This smoking behavior is very dangerous to health and therefore needs to be done an effort to reduce smoking behavior and the effects caused by smoking for both active smokers and passive smokers. Efforts made in community service are promotive efforts, namely counseling KUTARO(Lingkungan Tanpa Rokok/Environment Without Cigarettes) with the aim to increase public awareness to care for health and the environment, further efforts are preventive efforts such as planting in-law's tongue which functions to bind free radicals originating from cigarette smoke in the air, and the demonstration of making mango pudding that has antioxidant content, where antioxidants can bind free radicals that enter the body so as not to damage organs and this activity is also beneficial to increase community efforts so that there is an increase in economic status.


Keywords: cigarette, promotive, preventive

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-06-30
How to Cite
NASUTION, Ade Saputra. UPAYA PROMOTIF DAN PREVENTIF UNTUK MENGURANGI RISIKO YANG DITIMBULKAN OLEH ROKOK DI KELURAHAN RANCAMAYA. LOGISTA - Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 57-62, june 2020. ISSN 2655-951X. Available at: <http://logista.fateta.unand.ac.id/index.php/logista/article/view/280>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.25077/logista.4.1.57-62.2020.
Section
Articles