PENGELOLAAN DATA REKAM MEDIS MELALUI SISTEM PENOMORAN DAN PENYIMPANAN UNTUK MENINGKATKAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN DI KLINIK GIGI DAN UMUM PURI MEDICAL

MANAGEMENT OF MEDICAL RECORD DATA THROUGH NUMBER AND STORAGE SYSTEMS TO IMPROVE QUALITY OF HEALTH SERVICES IN THE DENTAL AND GENERAL PURI MEDICAL CLINIC

  • Rahmi Septia Sari Program Studi Ilmu Rekam Medis, Apikes Iris, Padang

Abstract

Pemeliharaan dan pengambilan data rekam medis merupakan fungsi penting dalam pelayanan disetiap fasilitas asuhan kesehatan. Peningkatan tuntutan akan informasi kesehatan ini mengharuskan fasilitas untuk memelihara sistem informasi yang efektif dan efisien. Mengenai sistem penomoran, penyimpanan dan retensi dari manajemen rekam medis di Indonesia banyak jenisnya. Bentuk sistem penomoran dan penyimpanan yang baik merupakan tahap awal dalam pemberian pelayanan terhadap pasien. Pengambilan dan penyimpanan rekam medis yang tepat merupakan elemen penting dalam pemberian pelayanan. Perlu kehati-hatian dalam merencanakan sistem penomoran dan penyimpanan. Tujuan utama dalam melakukan pemberian penomoran adalah mengidentifikasi data pasien. Penulis berpendapat bahwa dengan menggunakan bentuk pemberian nomor metode apapun rahasia pasien dapat terjaga. Pemberian nomor ini dilakukan pada saat pasien mendaftar atau kontak dengan sarana pelayanan kesehatan. Hal tujuan utama dalam melakukan pemberian penomoran adalah mengidentifikasi data pasien. Pemberian nomor dilakukan pada saat pasien mendaftar atau kontak dengan sarana pelayanan kesehatan. Dalam kegiatan ini kami berusaha untuk mengoptimalkan sistem pelayanan kesehatan  di Klinik Puri Medical melalui penyuluhan tentang sistem penomoran dan penyimpanan data Rekam Medis  yang baik dan memudahkan petugas dalam pengambilan dan penyimpanan data Rekam Medis tersebut. Pelaksanaan Pengabdian kepada masyarakat ini kami menguraikan tentang pengelolaan data Rekam medis melalui tatacara sistem penomoran dan penyimpanan data Rekam Medis. Metode yang dilakukan dengan cara memberikan materi dan dipresentasikan serta didiskusikan dengan staf yang hadir dalam Pengabdian tersebut dengan beberapa tahap, antara lain dengan pemaparan materi tentang sistem penomoran dan penyimpanan yang disampaikan kepada staf/petugas bagian Rekam medik yang hadir dalam acara Pengabdian Kepada Masyarakat, setelah itu dilanjutkan dengan praktik lapangan, jika ada hal yang kurang dipahami dalam pelaksanaan maka akan dilanjutkan dengan tahap bimbingan dan konsultasi antara staf rekam medis dengan tim Pengabdian Kepada Masyarakat,tahap akhir dalam jangka beberapa minggu akan dilakukan monitoring dan evaluasi apakah ilmu yang di berikan telah teraplikasi dengan baik di klinik tersebut.


Kata kunci: Rekam Medis, Penomoran, Pengarsipan, Klinik


ABSTRACT




Corresponding author:


* rahmiseptiasari88@gmail.com


 






Maintenance and retrieval of medical record data is an important function of service in every health care facility. This increasing demand for health information requires facilities to maintain effective and efficient information systems. Regarding the numbering, storage and retention systems of medical record management in Indonesia, there are many types. The form of a good numbering and storage system is the initial stage in providing services to patients. Proper collection and storage of medical records is an important element in the delivery of services. Care needs to be taken in planning the numbering and storage system. The main purpose in numbering is to identify patient data. The author believes that by using any method of giving numbers the patient's secret can be kept. Giving this number is done when the patient registers or contacts with health care facilities. The main goal in making numbering is to identify patient data. The number is given when the patient registers or contacts with health care facilities. In this activity we are trying to optimize the health service system at Puri Medical Clinic through counseling about the numbering system and storing good Medical Record data and facilitate the officers in retrieving and storing the Medical Record data. This Community Service Implementation describes the management of medical record data through the procedure for numbering and storing medical record data. The method is done by providing material and presented and discussed with the staff present at the Service with several stages, including the presentation of material about the numbering and storage system that was delivered to the staff / officers of the Medical Record section who attended the Community Service event, after it is continued with field practice, if there are things that are not understood in the implementation it will be continued with the guidance and consultation phase between the medical record staff and the Community Service Team, the final stage within a period of several weeks will be carried out monitoring and evaluation whether the knowledge provided has been applied well in the clinic.


Keywords: Medical Record, Numbering, Archiving, Clinic

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-31
How to Cite
SEPTIA SARI, Rahmi. PENGELOLAAN DATA REKAM MEDIS MELALUI SISTEM PENOMORAN DAN PENYIMPANAN UNTUK MENINGKATKAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN DI KLINIK GIGI DAN UMUM PURI MEDICAL. LOGISTA - Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 135-141, dec. 2019. ISSN 2655-951X. Available at: <http://logista.fateta.unand.ac.id/index.php/logista/article/view/211>. Date accessed: 28 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.25077/logista.3.2.135-141.2019.
Section
Articles