SOSIALISASI LEGALITAS DAN MANAJEMEN PEMASARAN BAGI UMK (LEGALITY SOCIALIZATION AND MARKETING MANAGEMENT FOR MSE’s)

  • Ades Rajayana Fakultas Ekonomi, Universitas Semarang
  • Sri Yuni Widowati Fakultas Ekonomi, Universitas Semarang
  • Emaya Kurniawati Fakultas Ekonomi, Universitas Semarang
  • Aprih Santoso Fakultas Ekonomi, Universitas Semarang

Abstract

ABSTRAK


UMK di Kecamatan Cepiring Kabupaten Kendal memiliki usaha dalam rangka peningkatan pendapatan keluarga salah satu usahanya adalah membuat atau memproduksi makanan ringan dan minuman kesehatan yang selama ini pemasarannya masih dilingkup kerabat dekat atau keluarga.   Permasalahn yang dihadapi oleh pelaku usaha khususnya UMK di Kecamatan Cepiring Kabupaten Kendal adalah belum memiliki merk atau nama bagi hasil produknya dikarenekan terbatasnya pengetahuan tentang merk dan belum mengetahui bagaiman caranya untuk mendapatkan merk dagang bagi produknya.  Pelaksanaan sosialisasi merk dan manajemen usaha akan menghasilkan informasi tentang pentingnya merk dan cara untuk mendaftarkan merk dagang bagi produk yang dihasilkan oleh UMK  sehingga bermanfaat untuk pendukung kinerja UMK di Kecamatan Cepiring Kabupaten Kendal.


Kata kunciMerk, Manajemen, Pemasaran


 


ABSTRACT


 


MSE’s in Cepiring District Kendal Regency have a business in order to increase family income. One of the efforts is to make or produce snacks and health drinks, which have so far been covered by close relatives or families. The problem faced by businesses, especially MSE’s in Cepiring District, Kendal Regency, is that they do not have a brand or product name due to the limited knowledge of the brand and do not know how to get a trademark for their products. The problem faced by businesses, especially MSE’s in Cepiring District, Kendal Regency, is that they do not have a brand or product name due to the limited knowledge of the brand and do not know how to get a trademark for their products. The implementation of brand socialization and business management will produce information about the importance of brands and ways to register trademarks for products produced by MSEs so that it is useful for supporting MSE performance in Cepiring District, Kendal Regency.


Keywords: Brand, Management, Marketing

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-06-28
How to Cite
RAJAYANA, Ades et al. SOSIALISASI LEGALITAS DAN MANAJEMEN PEMASARAN BAGI UMK (LEGALITY SOCIALIZATION AND MARKETING MANAGEMENT FOR MSE’s). LOGISTA - Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 31-36, june 2019. ISSN 2655-951X. Available at: <http://logista.fateta.unand.ac.id/index.php/logista/article/view/148>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.25077/logista.3.1.31-36.2019.
Section
Articles