PENINGKATAN KECERDASAN EMOSI DAN PENURUNAN TINGKAT STRESS SISWA SDN LEDOKNONGKO MELALUI PENERAPAN TERAPI KEBUN BUDIKDAMBER

INCREASING EMOTIONAL INTELLIGENCE AND REDUCING STRESS LEVELS OF LEDOKNONGKO ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS THROUGH THE IMPLEMENTATION OF BUDIKDAMBER GARDEN THERAPY

  • Zahro Varisna Rohmadani Universitas Aisyiyah Yogyakarta
  • Ika Afifah Nugraheni Universitas Aisyiyah Yogyakarta
  • Dinar Mindrati Fardhani Universitas Aisyiyah Yogyakarta

Abstract

Di zaman yang semakin modern banyak macam pemicu atau stresor yang membuat individu cepat mengalami stres, sering kali individu yang mempunyai kecerdasan di atas rata-rata tetapi untuk penyelesaian problem atau permasalahan yang dihadapi di lingkungan kurang bisa menyelesaikan sehingga menimbulkan stres. Ketika individu tidak mampu mengendalikan stres yang dialami akan menimbulkan gejala-gejala yang merugikan dirinya sendiri sehigga mengganggu aktivitas di lingkunganya.Horticulture therapy atau terapi kebun atau ekoterapi merupakan terapi yang menggunakan media tanaman dan aktivitas berkebun. Horticultural Therapy Association (AHTA) terapi kebun telah terbukti efektif dalam mengurangi tingkat stres, kecemasan, dan depresi serta dapat meningkatkan kecerdasan emosional. Dalam penerapan terapi berbasis masyarakat ini salah satunya menggunakan terapi kebun Smart eco farming melalui aplikasi akuaponik dengan kombinasi budidaya ikan dalam ember (budikdamber). Adapun tujuan dari program terapi berbasis masyarakat ini ialah memberi peluang kepada siswa untuk ikut terlibat dalam melakukan aktivitas terapi kebun dan untuk mengembangkan keterampilan sosial, emosional, dan motorik, sekaligus meningkatkan kecerdasan emosional dan menurunkan stress pada siswa.


Kata Kunci: budikdamber, terapi kebun, kecerdasan emosi, stress, sekolah dasar


 


ABSTRACT


In increasingly modern times, there are many kinds of triggers or stressors that cause individuals to experience stress quickly, often individuals who have above average intelligence but are unable to solve problems or problems faced in the environment, which causes stress. When individuals are unable to control the stress they experience, it will cause symptoms that are detrimental to themselves and thus disrupt activities in their environment. Horticulture therapy or garden therapy or ecotherapy is a therapy that uses plant media and gardening activities. Horticultural Therapy Association (AHTA) garden therapy has been proven to be effective in reducing levels of stress, anxiety and depression and can increase emotional intelligence. In implementing this community-based therapy, one of them is using Smart eco farming garden therapy through the aquaponics application with a combination of cultivating fish in buckets (budikdamber). The aim of this community-based therapy program is to provide opportunities for students to be involved in garden therapy activities and to develop social, emotional and motor skills, as well as increasing emotional intelligence and reducing stress in students.


Keywords: budikdamber, garden therapy, emotional intelligence, stress, elementary school

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Agustian, A. G. (2001). Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual, ESQ: Emotional Spiritual Quotient berdasarkan 6 Rukun Iman dan 5 Rukun Islam. Jakarta: Arga Wijaya Persada.
[2] Goleman, D. (2001). Kecerdasan Emosional. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
[3] AFNIS, T. (2018). Hubungan Tingkat Pengetahuan Masyarakat Dengan Perilaku Masyarakat Dalam manajemen Stres Di Di Dukuh Tengah Desa Nambangrejo Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo. Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
[4] Reff P.D (2006). Theoretical models for research and program development in agriculture and health care. In: Hassink J., VanDijk M. editors. Farming for Health. Springer; Dordrecht, The Netherlands, 1-20.
[5] Mualifah. (2009). Psycho Islamic Smart Parenting. Yogyakarta: DIVA press.
[6] Gaol, (2016). Teori Stres: Stimulus, Respons, dan Transaksional. Buletin Psikologi. Vol. 24, No. 1, 1 – 11
[7] Ismail, A. (2009). Education Games Menjadi Cerdas dan Ceria Dengan Permainan Edukatif. Yogyakarta: Pilar Media.
[8] Marzano, R.J. (2019). New art and science of teaching. The handbook for the new art and science of teaching. Bloomington, Solution Tree Press.
[9] Vera, A. (2012). Metode Mengajar Anak di Luar Kelas (Outdoor study). Yogyakarta: DIVA Press.
[10] Kurniasih, A. N. dan Alarifin, D. H. (2014). Penerapan Ice Breaking (Penyegar Pembelajaran) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII A MTS An-Nur Pelopor Bandarjaya Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(1), 27–35.
[11] Sundari, S. (2022). Supply Chain Analysis of Green Mussel Bussines in Umbul Asem Village Bandar Lampung. Jurnal Logistik Indonesia, vol 6 (1). 13-21
Published
2024-06-30
How to Cite
ROHMADANI, Zahro Varisna; NUGRAHENI, Ika Afifah; FARDHANI, Dinar Mindrati. PENINGKATAN KECERDASAN EMOSI DAN PENURUNAN TINGKAT STRESS SISWA SDN LEDOKNONGKO MELALUI PENERAPAN TERAPI KEBUN BUDIKDAMBER. LOGISTA - Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 62-67, june 2024. ISSN 2655-951X. Available at: <http://logista.fateta.unand.ac.id/index.php/logista/article/view/1361>. Date accessed: 16 oct. 2024. doi: https://doi.org/10.25077/logista.8.1.56-61.2024.
Section
Articles