PENGEMBANGAN USAHA UKM UNAIS CAKE DAN BAKERY MELALUI PELATIHAN PEMASARAN DIGITAL DAN PENERAPAN GOOD MANUFACTURING PRACTICES (GMP)

BUSINESS DEVELOPMENT OF UNAIS CAKE DAN BAKERY SME THROUGH DIGITAL MARKETING TRAINING AND IMPLEMENTATION OF GOOD MANUFACTURING PRACTICES

  • Rahmania Nur Afiah Program Studi Teknologi Hasil Pertanian, Sekolah Vokasi, Universitas Sebelas Maret
  • Anis Asmediana Program Studi Teknologi Hasil Pertanian, Sekolah Vokasi, Universitas Sebelas Maret
  • Khusnul Khotimah Program Studi Teknologi Hasil Pertanian, Sekolah Vokasi, Universitas Sebelas Maret

Abstract

UKM Unais Cake & Bakery adalah UKM yang memproduksi kue & bakeri yang berdiri sejak tahun 2020. UKM ini berlokasi di Kelurahan Cemani, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Produk unggulan dari UKM ini adalah roti gembong dengan varian yang beragam, mulai dari yang manis hingga asin. Proses produksi hingga pemasaran ini dilakukan di kediaman pemilik. Berdasarkan informasi, pihak UKM seringkali tidak dapat memenuhi semua permintaan pelanggan dan terkadang kualitas roti yang dihasilkan kurang seragam hal ini dikarenakan tenaga kerja dan mesin yang dimiliki masih terbatas. Selain itu, diketahui UKM belum memiliki izin PIRT. Informasi selanjutnya yang dapat menjadi kendala berikutnya adalah UKM ini belum memiliki outlet dan sistem pemasarannya pun masih mengandalkan metode konvensional atau dari mulut ke mulut saja. Hal ini dapat menjadi permasalahan yang dapat menghambat berkembangnya usaha UKM roti dan bakeri ini. Sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut, Tim Pengabdian UNS bersinergi dengan UKM Unais Cake & Bakery menyelenggarakan program (1) Peningkatan produksi dan kualitas produk (2) Pelatihan penerapan GMP untuk persiapan pengurusan sertifikat PIRT dan pendampingan pengurusan PIRT (3) Pelatihan pemasaran produk menggunakan metode digital marketing. Tujuan dari kegiatan ini adalah pengembangan usaha UKM Unais Cake & Bakery.


ABSTRACT


Unais Cake & Bakery is a UKM that produces cakes & bakery founded in 2020. It is located in Cemani Village, Grogol District, Sukoharjo Regency, Central Java. The main product from Unais Cake & Bakery is Gembong Bread, which has various variants, from sweet to salty. The production and marketing processes are carried out at the owner's residence. Based on the information, Unais Cake & Bakery is often unable to fulfill all customer requests and sometimes the quality of the bread produced is not uniform, this is because the workforce and machines are still limited. Furthermore, Unais Cake & Bakery does not have the PIRT yet. The next obstacle is that this UKM does not have an outlet and the marketing system still relies on conventional methods. If problems are not handled immediately, they can hinder the development of this cake & bakery business. To solve these problems, the UNS Team helped Unais Cake & Bakery by organizing a program (1) Increasing production and product quality (2) Training implementation of GMP as a provision for obtaining PIRT Distribution Permits (3) Training product marketing using digital marketing methods. This activity aims to develop the Unais Cake & Bakery business.

Downloads

Download data is not yet available.

References

1. Wiyadi, A. Y. Prastiwi, R. Trisnawati, and Chuzaimah, “Strategi Peningkatan Kinerja UKM,” Jurnal Abdi Psikonomi, vol. 2, no. 2, pp. 78–85, 2021.
2. J. I. Manajemen et al., “Penerapan Transformasi Digital Pada UKM Selama Pandemi Covid-19 di Kota Denpassar,” Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis, vol. 6, no. 1, pp. 79–87, 2021, [Online]. Available: http://journal.undiknas.ac.id/index.php/manajemen
3. J. Pengabdian Magister Pendidikan IPA, A. Jupri, E. S. Prasedya, T. Rozi, N. Septianingrum, and I. Difani, “Pentingnya Izin PIRT terhadap UMKM di Kelurahan Rakam untuk Meningkatkan Pemasaran Produk,” Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, vol. 4, no. 4, pp. 162–166, 2021, doi: 10.29303/jpmpi.v3i2.1046.
4. W. Ardiani and R. Putra, “Pelatihan Berbasis Daring dalam Penguatan Pemasaran Digital UKM Kota Medan,” Jurnal Abdidas, vol. 1, no. 6, pp. 609–615, Nov. 2020, doi: 10.31004/abdidas.v1i6.118.
5. S. Rio Sasongko, “Faktor - Faktor Kepuasan Pelanggan dan Loyalitass Pelanggan (Literature Review Manajemen Pemasaran),” Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, vol. 3, no. 1, pp. 104–114, 2021, doi: 10.31933/jimt.v3i1.
6. S. Chakraborty and K. K. Dash, “A comprehensive review on heat and mass transfer simulation and measurement module during the baking process,” Applied Food Research, vol. 3, no. 1, Jun. 2023, doi: 10.1016/j.afres.2023.100270.
7. H. G. Masure, A. G. B. Wouters, E. Fierens, and J. A. Delcour, “Electrical resistance oven baking as a tool to study crumb structure formation in gluten-free bread,” Food Research International, vol. 116, pp. 925–931, Feb. 2019, doi: 10.1016/j.foodres.2018.09.029.
8. A. L. Wijaya and A. M. A. Sary, “Pelatihan Pemasaran Digital Bagi Remaja Karang Taruna Pemilik Online Shop Di Desa Sambirejo Kec. Jiwan Kab. Madiun,” Jurnal Pengabdian Mitra Masyarakat (JPMM), vol. 4, no. 1, pp. 16–27, 2022.
9. S. Mulyawati, Efendy, Tajidan, FX Edy Fernandez, and Sharfina Nabilah, “Pentingnya Izin PIRT Sebagai Penguatan Produk Olahan Keripik KWT Nine Seru di Desa Lantan,” Jurnal SIAR ILMUWAN TANI, vol. 4, no. 1, pp. 26–31, May 2023, doi: 10.29303/jsit.v4i1.85.
10. Y. Andhini Bhekti Pertiwi, A. Agustina, R. Rahmadwiati, R. Lasekti Wicaksono, and D. Apriyanto, “Instan Pada Kelompok Wanita Tani D’sekar Entrepreneurship Assistance Through Awareness of Standard Operational Procedure (Sop) Production and Packaging Improvements on Processed Instant Ginger Drink Products to D’sekar Women Farming Group,” Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, vol. 7, no. 1, 2023, [Online]. Available: http://logista.fateta.unand.ac.id
11. S. Lee and D. Y. Kim, “The BRAND tourism effect on loyal customer experiences in luxury hotel: The moderating role of psychological ownership,” Tour Manag Perspect, vol. 35, Jul. 2020, doi: 10.1016/j.tmp.2020.100725.
12. A. Marjukah, “Pengaruh Pelatihan Pemasaran Digital Terhadap Kinerja UMKM Pada Masa Pandemi Covid-19,” Jurnal Keuangan dan Bisnis, vol. 20, no. 1, pp. 1–12, 2022.
13. E. Rachma Kurniasi et al., “Pelatihan Pemasaran Digital Produk Desa Nadung: Kopi Teh Pelawan dan Gula Kabung,” Jurnal Abdimas Bina Bangsa, vol. 02, no. 01, pp. 187–197, 2021, doi: 10.46306/jabb.v2i1.
14. A. K. Yuliwati, R. Rofaida, and B. Pamungkas Gautama, “Peningkatan Kapasitas Digital UMKM Melalui Pelatihan Pemasaran Digital Di Masa Pandemi Covid-19 di Belitung Increasing SMEs Digital Capacity Through Digital Marketing During Pandemic Covid 19 in Belitung,” in Prosiding Seminar Nasional UNIMUS, 2021, pp. 2127–2130.
15. N. Kareja, S. Setiadevi, N. Alfiyah, and L. Triyaningsih, “Pelatihan Pengelolaan Keuangan dan Pelatihan Pemasaran Digital pada Kedai Kopi Garasi,” Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, vol. 6, no. 2, pp. 448–459, Apr. 2022, doi: 10.29407/ja.v6i2.16868.
16. A. R. Fadilla, A. I. Lukman, and M. Alisalman, “Implementasi Pelatihan Pemasaran Digital Bagi Warga Belajar Paket C di PKBM Generasi Mandiri,” Jurnal Program Studi Pendidikan Masyarakat, vol. 3, no. 2, pp. 168–174, 2022.
Published
2024-06-30
How to Cite
AFIAH, Rahmania Nur; ASMEDIANA, Anis; KHOTIMAH, Khusnul. PENGEMBANGAN USAHA UKM UNAIS CAKE DAN BAKERY MELALUI PELATIHAN PEMASARAN DIGITAL DAN PENERAPAN GOOD MANUFACTURING PRACTICES (GMP). LOGISTA - Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 41-48, june 2024. ISSN 2655-951X. Available at: <http://logista.fateta.unand.ac.id/index.php/logista/article/view/1339>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.25077/logista.8.1.41-48.2024.
Section
Articles