Program Pengembangan Produk Unggulan Daerah Diversifikasi Produk Gelamai di Kanagarian Harau Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota Sumatera Barat

  • Kasmita Kasmita Fakultas Pariwisata dan Perhotelan, Universitas Negeri Padang
  • Wiwik Gusnita Fakultas Pariwisata dan Perhotelan, Universitas Negeri Padang
  • Rahmi Holinesti Fakultas Pariwisata dan Perhotelan, Universitas Negeri Padang
  • Dini Faisal Fakultas Pariwisata dan Perhotelan, Universitas Negeri Padang
  • Lise Asnur Fakultas Pariwisata dan Perhotelan, Universitas Negeri Padang
  • Pasaribu Pasaribu Fakultas Pariwisata dan Perhotelan, Universitas Negeri Padang

Abstract

ABSTRAK: Kecamatan Harau merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Lima Puluh Kota dimana terdapat UMKM yang memproduksi makanan khas Gelamai. Saat ini gelamai hanya dijual dalam sajian konvensional dan pengemasan yang tidak representatif, sehingga belum memiliki nilai jual tinggi sebagai produk unggulan Sumatera Barat. Program Pengembangan Produk Ungulan Daerah ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mitra yakni tentang modifikasi produk Gelamai hingga pengemasan untuk industri skala kecil. Kegiatan ini secara khusus bertujuan untuk Peningkatan pengetahuan yang lebih baik tentang manfaat coklat sebagai antioksidan bagi tubuh dan dikombinasikan dengan gelamai sebagai makanan spesifik dan produk unggulan Sumatera Barat, mitra mampu mengolah gelamai dan coklat menjadi berbagai varian rasa yang memenuhi persyaratan kesehatan dan keamanan pangan sehingga layak untuk dipasarkan. Dengan demikian hasil olahan gelamai yang diproduksi memiliki nilai ekonomi yang lebih tinggi. Kegiatan ini dilaksanakan pada bulan Juni hingga bulan November 2018 di Jorong Lubuk Jantan, Nagari Harau, Kecamatan Harau melalui metode ceramah dan tanya jawab serta demonstrasi, latihan dan pemberian tugas dari instruktur kepada peserta pelatihan, dan bimbingan. Produk yang dihasilkan selanjutnya dilakukan uji organoleptik oleh panelis ahli untuk mengetahui kualitasnya dari segi bentuk, warna, aroma, tekstur, dan rasa.
Kata kunci: Program Pengembangan Produk Unggulan Daerah, Diversifikasi, Gelamai, Coklat, Kualitas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adjab, Subagyo. 2007. Manajemen Pengolahan Kue dan Roti. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Alwi, Hasan.2002. Kamus Besar Bahasa Indonesa. Jakarta:Balai Pustaka.
Agus, Suyanto. 2006. “Pewarna Pangan”. Ebookpangan. Jawa Tengah: Teknologi Pangan-Universitas Muhammadiyah Semarang.
Anni, Faridah, dkk. 2008. Patiseri jilid 3. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruaan.
Anonim. 2012. “Mengintip Kandungan Senyawa Santan dan Kelapa”. www.dapurherbal.co.id, Diakses 2 November 2017.
Anonim. 2014.”Semua Tentang Cake”.www.blogdetik.co.id, diakses 17 Januari 2018.
Bimo, Prasetyo.2017. “Bukan Cuma Rendang Ini Dia 4 Makanan Khas Ranah Minang Yang Enaknya Juara”. www.takaitu.blogspot.id, Diakses 17 Januari 2018.
Depdikbud RI. 2011. Buku Pedoman Tugas Akhir/Skripsi. Padang: Universitas Negeri Padang.
Desi, Juliani. 2013. “Isolasi dan Karakterisasi Bakteri Lipolitik dari Mikroorganisme Pencemar Galamai”. Skripsi. Padang: FTP-UNAND.
Faradita, Wijayanti. 2012. “Pembuatan Permen Coklat Praline dengan Filler Permen Jelly Nanas”. Skripsi. Makasar: Fakultas Pertanian-Universitas Hasanuddin.
Frengki, Pangaribuan. 2009. “Aneka Jenis Kue dan Roti Yang Diolah Pada Bagian Pastry Di Hotel Soechi International Medan”. Kertas Karya. Medan: Fakultas Sastra-Universitas Sumatera Utara.
Grace, Sidharta. 2013. “Pengaruh Kualitas Makanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada De East Bakery Gajah Mada Plaza”. Tugas Akhir. Jakarta: Bina Nusantara.
Handayani, Titin Hera Widi. 2011. Pengolahan Makanan Indonesia. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Heryani, Hesty. 2016. Keutamaan Gula Aren dan Strategi Pengembangan Produk. Banjarmasin: Lambung Mangkurat University Press.
Marida, Dewi. 2012. “Pembuatan Aneka Cake Dari Tepung Ketan Hitam”. Thesis. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Marleen dan Sarifah, 2009. Teknologi Pengolahan Roti dan Kue. Bandung: Widaya Padjajaran.
Maya, Dewi Resmi Nur’aeni. 2016. “Kajian Organoleptik dan Fisiko Kimia Olahan Coklat Rasa Jahe dengan Tempering dan Tanpa Tempering” Tugas Akhir. Bandung: Universitas Pasundan.
Mody, Lempang. 2012. Pohon Aren dan Manfaat Produksinya. Makasar: Balai Penelitian Kehutanan.
Pricilia, Alexandra Kusumadewi. 2013. “Pengaruh Kualitas Makanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Junior Steak & Ribs Restoran”Skripsi. Jakarta: Binus University.
Puspa Pratiwi. 2012. “Penanganan Bahan Baku Pastry dan Bakery dalam Upaya Mempertahankan Standar Kualitas Di Hotel J.W Marriot Medan” Kertas Karya. Medan: Universitas Sumatera Utara.
Rini, Wulandari. 2012. Kreasi Olahan Coklat. Jakarta: Kawan Pustaka.
Sjahmien, Moehyi. 1992. Penyelenggaraan Makanan Institusi dan Jasa Boga. Jakarta: Bharata.
Slettengren, Katarina.S. 2010. “Crack Formation In Chocolate Pralines”Thesis. Sweeden: Chalmers University Of Technology.
Susanti. 2012.”Studi Pembuatan Dark Coklat Dengan Penambahan Ekstrak Jahe (zingiberofficinale) Sebagai Bahan Pengisi” Skripsi. Makassar: Universitas Hasanuddin
Sutomo. 2006. Analisis Makanan. Jakarta:PT Kawan Pustaka
Tibbals, Kirsten. 2017. ”Stunning Chocolate”. www.instagram.com, diakses 17 Januari 2018.
Triana, Noor Edwina. “Metodologi Penelitian Kuantitatif Teori dan Hasil Penelitian”ebook. Yogyakarta: Mercubuana.
Wulan, Gurit. 2016. “Tips Memilih Coklat Batangan Yang Baik dan Benar”. www.blogdetik.co.id, diakses 17 Januari 2018.
Yuti, Regawati. 2002. Praktis dan Cantik Membuat Kreasi Coklat. Jakarta: Puspa Swara.
Published
2018-12-28
How to Cite
KASMITA, Kasmita et al. Program Pengembangan Produk Unggulan Daerah Diversifikasi Produk Gelamai di Kanagarian Harau Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota Sumatera Barat. LOGISTA - Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 52-60, dec. 2018. ISSN 2655-951X. Available at: <http://logista.fateta.unand.ac.id/index.php/logista/article/view/126>. Date accessed: 25 nov. 2020. doi: https://doi.org/10.25077/logista.2.2.52-60.2018.
Section
Articles