SOSIALISASI MENGENAI PEMASARAN KUE BOLU DESA PENGLUMBARAN MELALUI E-COMMERCE

SOCIALIZATION REGARDING THE MARKETING OF SPONGE CAKE IN PENGLUMBARAN VILLAGE THROUGH E-COMMERCE

  • Nathania Della Rossa Universitas Pendidikan Nasional
  • Ni Ketut Anjani Universitas Pendidikan Nasional

Abstract

E-commerce adalah sebuah lapak online yang menggambarkan proses pembelian dan penjualan melalui jaringan internet. Ditengah persaingan usaha yang semakin ketat, e-commerce adalah salah satu solusi untuk mengembangkan usaha, terutama UMKM. Adapun tujuan dari memberikan sosialisasi memanfaatkan ecommerce sebagai media pemasaran adalah agar UMKM kue bolu yang ada di Banjar Dinas Tigas Kawan Desa Penglumbaran dapat berkembang dan mengalami peningkatan dalam penjualan. Metode yang digunakan adalah metode diskusi dan tanya jawab antar narasumber dengan audience. Hasil program kerja menunjukkan bahwa : 1. Ecommerce yang banyak dipakai oleh penduduk Indonesia adalah Shopee Tokopedia, Gojek, dan Grab. 2. Cara memasarkan suatu produk melalui ecommerce adalah hanya dengan mengunggah foto produk yang dijual. 3. Hal menarik lainnya, e-commerce banyak memberikan penawaran diskon atau memberikan voucher gratis ongkir yang membuat orang lebih tertarik untuk berbelanja melalui online.


Kata kunci: e-commerce, pemasaran


ABSTRACT


E-commerce is an online stall that describes the process of buying and selling through the internet network. In the midst of increasingly fierce business competition, e-commerce is one of the solutions for developing businesses, especially Small and Medium Enterprise (SME). The purpose of providing socialization using e-commerce as a marketing medium is so that the sponge cake Small and Medium Enterprise (SME) in Banjar Dinas Tiga Kawan Penglumbaran Village can develop and experience an increase in sales. The method used is the method of discussion and question and answer between sources and the audience. The results of the work program show that: 1. E-commerce that is widely used by Indonesians is Shopee Tokopedia, Gojek and Grab. 2. The way to market a product through e-commerce is to simply upload a photo of the product being sold. 3. Another interesting thing, e-commerce provides many discount offers or provides free shipping vouchers that make people more interested in shopping online.


Keywords: e-commerce, marketing

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Adiwihardja, C. (2016). Ecommerce Sebagai Model Inovasi Teknologi Strategi Enterpreneur Menurut Preferensi Pengguna Pada Jakartanotebook. com. Bina Insani ICT Journal, 3(1), 154–163.
[2] Agusta, R. P., & Dewi, C. K. (2019). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Konsumen ( Studi Kasus Pada Widjie Coffee ). 6(3), 6266–6275.
[3] Audia, D. S., Jayawinangun, R., & Ferdinan, F. (2018). Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Minat Pembelian Produk Aidi.Id (Studi Pada Followers Instagram Aidi.Id). 1(1), 76–95.
[4] Bramanya, Y. B., & Jatra, M. (2016). Pengaruh Celebriti Endorser dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Yamaha Jupiter Mx di Kota Denpasar. 5(3), 1745–1771.
[5] Dewi, N. N. K. A., & Warmika, I. G. K. (2017). Wom Communication Terhadap Keputusan Pembelian Produk Spa Bali Alus. 6(10), 5580–5606.
[6] Hidayah, D. K., & Syahputra. (2017). Pengaruh Usability pada Kualitas Website Menggunakan Scanmic Model terhadap Minat Beli ( Studi Kasus Terminal Wisata Grafika Cikole Lembang ). Jurnal Aplikasi Manajemen, Ekonomi Dan Bisnis, 1(2), 21–35.
[7] Hismendi. (2016). E-Commerce: Model Interaksi Jual Beli (Studi Pada Pelaku Interaksi Jual Beli Melalui Internet. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 15(1).
[8] Japarianto, E., & Adelia, S. (2020). Pengaruh Tampilan Web Dan Harga Terhadap Minat Beli Dengan Kepercayaan Sebagai Intervening Variable Pada E-Commerce Shopee. 14(1), 35–43.
[9] Joesyiana, K. (2018). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Media Online Shop Shopee Di Pekanbaru ( Survey pada Mahasiswa Semester VII Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau ). 4(1).
[10] Juniantoko, A. D., & Supriono. (2017). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian ( Survei Pada Konsumen Waroeng Latte dan The Cemiland di Kota Madiun ). 53(2), 11– 18.
[11] Kurniawan, F. J., & Kunto, Y. S. (2014). Analisa pengaruh visibility, credibility, attraction, dan power celebrity endorser terhadap brand image bedak marcks venus. Jurnal Strategi Pemasaran, 2(1), 1–8.
[12] Ma, T. (2019). Evaluation effect of Internet word of mouth and application of big data. (1187).
[13] Ngudiono, J.W, 2010, Aplikasi E - Commerce Berbasis Web Sebagai Media Pemasaran On - Line Pada Mucushop Yogyakarta. Skripsi, AMIKOM. Yogyakarta
[14] Pratama, M.O, 2012, Pemrograman Mobile Android dan MySQL, Jurnal, IlmuKomputer.Com. http://tavgreen.com
[15] Rahayu, I, 2010, Sistem Informasi E-Commerce Penjualan Sparepart Mobil dan Motor pada CV. Indoguna Sparepart berbasis mobile. Skripsi, Universitas Gunadarma. Bandung
Published
2023-06-30
How to Cite
ROSSA, Nathania Della; ANJANI, Ni Ketut. SOSIALISASI MENGENAI PEMASARAN KUE BOLU DESA PENGLUMBARAN MELALUI E-COMMERCE. LOGISTA - Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 39-42, june 2023. ISSN 2655-951X. Available at: <http://logista.fateta.unand.ac.id/index.php/logista/article/view/1259>. Date accessed: 08 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.25077/logista.7.1.39-42.2023.
Section
Articles