STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN UNTUK PENINGKATAN PENJUALAN PRODUK UMKM MAS LEMBU

MARKETING COMMUNICATION STRATEGY FOR IMPROVING SALES OF MAS LEMBU UMKM PRODUCTS

  • Adli Adli Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Selatan
  • Raudhatus Sa’adah Jurusan Teknik Kimia, Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Leti Karmila Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Selatan

Abstract

UMKM Mas Lembu sekarang memasarkan produk olahan ikan lele berbumbu siap goreng yang higienis dan lezat rasanya. Penjualan ikan lele berbumbu saat ini banyak diminati oleh masyarakat luas terutama ibu-ibu pekerja yang memiliki waktu memasak tidak banyak sehingga memudahkan dan praktis dengan adanya Mas lembu ini. Permasalahan yang ada di UMKM Mas Lembu ini terkendala pemasaran yang kurang luas sehingga target pasar masih belum terlalu banyak jangkauannya. Sehingga perlu adanya starategi pemasaran yang perlu dilakukan untuk meningkatkan nilai jual dari produk ikan lele berbumbu. Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Stimulus (PKMS) bekerjasama dengan UMKM Mas Lembu berupaya memasarkan produk ikan lele berbumbu yang dihasilkan agar meningkatkan penjualan produk UMKM sehingga keberlangsungan anggota kelompok UMKM Mas Lembu dapat meningkat. Strategi pemasaran yang telah dilakukan meliputi pemasaran secara daring (iklan radio dan media massa) serta secara luring (pelatihan strategi pemasaran dan mengikuti even kuliner). Hasil dari kegiatan pendampingan yang telah dilakukan yaitu adanya peningkatan pemesanan produk ikan lele berbumbu sehingga berdampak pada peningkatan penjualan produk dari pada  sebelum mendapatkan pendampingan. Harapannya dengan adanya pelatihan dan pemasaran yang telah dilakukan oleh tim dapat meningkatkan penjualan produk olahan ikan lele berbumbu milik UMKM Mas Lembu.


Kata kunci: ikan lele berbumbu, strategi pemasaran, peningkatan penjualan


 ABSTRACT


MSME Mas Lembu is now marketing processed catfish products that are ready to be fried, which are hygienic and delicious. The sale of seasoned catfish is currently in great demand by the wider community, especially working mothers who have not much cooking time, making it easy and practical with the presence of this bull. The problems that exist in Mas Lembu SMEs are constrained by a lack of broad marketing so that the target market is still not too much of a reach. So there needs to be a marketing strategy that needs to be done to increase the selling value of seasoned catfish products. The Stimulus Community Service Team (PKMS) in collaboration with the Mas Lembu MSMEs seeks to market the seasoned catfish products produced in order to increase the sales of MSME products so that the sustainability of the Mas Lembu MSME group members can increase. The marketing strategies that have been carried out include online marketing (radio advertising and mass media) as well as offline (marketing strategy training and participating in culinary events). The results of the mentoring activities that have been carried out are an increase in orders for seasoned catfish products so that it has an impact on increasing product sales than before getting assistance. The hope is that with the training and marketing that has been carried out by the team, it can increase sales of processed catfish products owned by MSME Mas Lembu.


Keywords: catfish, marketing strategy, increased sales

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Lukitaningsing, A. 2013. Iklan yang Efektif sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan. Vol. 13(2): Hal 116 – 129.
[2] Rahma, A. 2017. Event Sebagai Salah Satu Bentuk Strategi Komunikasi Pemasaran Produk Fashion Nasional (Event Tahunan Jakcloth). Journal of Communication (Nyimak) Vol. 1 (2): Hal 149-169.
[3] Kusniadji, S. 2016. Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Kegiatan Pemasaran Produk Consumer Goods (Studi Kasus Pada PT Expand Berlian Mulia di Semarang). Jurnal Komunikasi. Vol. 8, No. 1 : Hal 83-98
Published
2022-12-30
How to Cite
ADLI, Adli; SA’ADAH, Raudhatus; KARMILA, Leti. STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN UNTUK PENINGKATAN PENJUALAN PRODUK UMKM MAS LEMBU. LOGISTA - Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 60-63, dec. 2022. ISSN 2655-951X. Available at: <http://logista.fateta.unand.ac.id/index.php/logista/article/view/1142>. Date accessed: 22 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.25077/logista.6.2.60-63.2022.
Section
Articles