PENGEMBANGAN MEDIA INFORMASI UNTUK PELAYANAN PENDAFTARAN PASIEN DI BPM RIKA HARDI, S.ST

MEDIA INFORMATION DEVELOPMENT FOR PATIENT REGISTRATION SERVICE IN BPM RIKA HARDI, S.ST

  • Rahmi Septia Sari Apikes Iris

Abstract

Fasilitas kesehatan merupakan pelayanan yang sangat penting bagi masyarakat. Pelayanan kesehatan adalah tulang punggung fasilitas kesehatan di Indonesia. Fasilitas kesehatan bisa dimiliki oleh Pemerintah, Pemerintah Daerah atau swasta. Tenaga kesehatan terdiri dari beragam profesi seperti tenaga dokter, bidan, perawat, apoteker, ahli gizi, tenaga perekam medis, tenaga manajemen kesehatan maupun tenaga non kesehatan. Pasien yang datang ke fasilitas kesehatan pun memiliki beragam jenis penyakit mulai dari penyakit menular sampai penyakit degeneratif. Oleh karena itu, dalam hal ini dilakukan penyusun alur dan prosedur pendaftaran pasien sehingga pelayanan berlangsung baik. Salah satu kriteria penilaian akreditasi pada suatu fasilitas kesehatan adalah tersedianya informasi tentang alur prosedur pendaftaran pelayanan saat pasien mendaftar di loket pendaftaran. Kejelasan informasi yang diterima pasien akan memberikan rasa puas terhadap pasien. Kesan pertama di loket pendaftaran akan membentuk persepsi pasien terhadap keseluruhan pelayanan di fasilitas kesehatan. Tujuan kegiatan ini menyediakan media informasi untuk edukasi pasien saat mendaftar tentang alur dan prosedur pelayanan di loket pendaftaran. Metode yang lakukan adalah observasi ke fasilitas pelayanan kesehatan, identifikasi dan analisis kebutuhan media informasi, perencangan media informasi, ujicoba media, sosialisasi, dan evaluasi. Hasil yang diperoleh tersedianya media informasi dalam bentuk banner tentang alur prosedur pelayanan di fasilitas kesehatan.


Kata Kunci: Media, Alur prosedur pendaftaran, Bidan praktek mandiri


ABTRACT


Health facilities are very important services for the community. Health services are the backbone of health facilities in Indonesia. Health facilities can be owned by the Government, Local Government or private. Health workers consist of various professions such as doctors, midwives, nurses, pharmacists, nutritionists, medical record workers, health management personnel and non-health workers. Patients who come to health facilities also have a variety of diseases ranging from infectious diseases to degenerative diseases. Therefore, here I am trying to develop a flow and procedure for patient registration. One of the criteria for evaluating accreditation at a health facility is the availability of information about the flow of the procedure for registering services when patients register at the registration counter. Clarity of information received by the patient will give satisfaction to the patient. First impressions at the registration window will shape the patient's perception of the overall service in the health facility. The purpose of this activity is to provide information media for patient education when registering the flow and procedure of service at the registration counter. The method used is observation to health care facilities, identification and analysis of media information needs, information media planning, media testing, outreach, and evaluation. The results obtained are the availability of information media in the form of banners about the flow of service procedures in health facilities.


Keywords: Media, Registration procedure flow, Midwife independent practice

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-06-30
How to Cite
SARI, Rahmi Septia. PENGEMBANGAN MEDIA INFORMASI UNTUK PELAYANAN PENDAFTARAN PASIEN DI BPM RIKA HARDI, S.ST. LOGISTA - Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 123-128, june 2020. ISSN 2655-951X. Available at: <https://logista.fateta.unand.ac.id/index.php/logista/article/view/276>. Date accessed: 22 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.25077/logista.4.1.123-128.2020.
Section
Articles