EDUKASI KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA GENERASI Z DENGAN METODE EDUGAME DI SMA 1 BATANG ANAI, PARIAMAN

THE EDUCATION OF HEALTH REPRODUCTION OF YOUTH Z GENERATION BY EDUGAME METHOD AT SMA 1 BATANG ANAI, PARIAMAN

  • Biomechy Oktomalioputri Fakultas Kedokteran, Universitas Andalas, Padang
  • Eryati Darwin Fakultas Kedokteran, Universitas Andalas, Padang

Abstract

Generasi Z atau yang dikenal generasi-net, generasi remaja yang akan meneruskan generasi milenial saat ini diharapkan dapat membuat era baru dalam perkembangan teknologi. Dengan pengaruh yang kuat dari teknologi internet ditakutkan tidak hanya mengubah pola pikir generasi z tetapi dapat pula menjadikan sesuatu yang tabu menjadi tradisi yang ilegal dikalangan masyarakat. Seperti berkembangnya kelompok lesbian, gay, biseksual, dan transgender atau yang dikenal dengan sebutan LGBT. Badan Perencana Pembangunan Daerah Sumatera Barat melakukan survey di akhir 2017, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) menjadi daerah terbanyak di Indonesia yang dihuni oleh kelompok LGBT. Diperkirakan angka sementara mencapai puluhan ribu LGBT di Sumbar. Daerah Padang Pariaman memiliki kasus LGBT terbanyak setelah kota Padang. Kegiatan edukasi terkait kesehatan reproduksi yang dikemas dengan baik dan menarik diharapkan mampu memberikan pengetahuan yang cukup untuk remaja agar tidak sampai melakukan hal-hal yang akan mengganggu kesehatan reproduksinya kelak. Kegiatan tersebut telah dilaksanakan oleh Tim Pengabdian Masyarakat Bagian Histologi dan Radiologi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas yang berjudul “Edukasi Kesehatan Reproduksi Remaja generasi z dengan metode edugame  pada Siswa SMA 1 Batang Anai, Padang Pariaman. Pada pengabdian masyarakat ini didapatkan hasil bahwa siswa memiliki persamaan persepsi mengenai bahaya LGBT dan free sex. Metode edugame dan penyuluhan yang disertai dengan video animasi ini menjadi salah satu kegiatan persuasif dengan metode efektif yang dapat mengajak siswa agar menyadari bahaya LGBT dan free sex.


Kata kunci : Edukasi kesehatan reproduksi, Generasi Z, Metode edugame


ABSTRACT


Generation Z, or which is well known as net-generation, the generation of adolescent that will continue the current millennial generation is expected to create a new era in technological development. Due to the strong influence of technology, the internet is feared not only can change the mindset of generations, but also can turn something taboo into an illegal tradition among citizen, such as the development of lesbians, gays, bisexuals, and transgender people, also known as LGBT. The West Sumatra Regional Development Planning Agency conducted a survey at the end of 2017. It is obtained that West Sumatra is the largest province in Indonesia inhabited by LGBT groups. It is estimated temporary numbers reach tens of thousands of LGBT in West Sumatra. Padang Pariaman district has the most LGBT cases after Padang city. Educational, well-packaged and interesting health activities are needed to provide enough knowledge for adolescents to avoid doing things that will interfere their reproductive health later. This activity has been implemented by community service team held by the Histology and Radiology Department of Faculty of Medicine Andalas University entitled "Education of Adolescent Reproductive Health for Generation Z with Edugame method for students of Senior High School 1 Batang Anai, Pariaman”. In this community service activity is obtained students have the same perception about the dangers of LGBT and free sex. Edugame method and counseling with animated videos is one of the effective methods to attract students sto aware the dangers of LGBT and free sex.


Keywords : Reproductive Health Education, Generation Z, Edugame Method

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-20
How to Cite
OKTOMALIOPUTRI, Biomechy; DARWIN, Eryati. EDUKASI KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA GENERASI Z DENGAN METODE EDUGAME DI SMA 1 BATANG ANAI, PARIAMAN. LOGISTA - Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 46-51, dec. 2019. ISSN 2655-951X. Available at: <https://logista.fateta.unand.ac.id/index.php/logista/article/view/168>. Date accessed: 22 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.25077/logista.3.2(Jul-Des).46-51.2019.
Section
Articles