""

Angkatan

:

2015

Program Studi

:

Teknologi Hasil Pertanian

Penghargaan

:

-Bintang Aktivis Fakultas Teknologi Pertanian

-Masa Tamat Kurang dari 4 tahun

Wisuda pada

:

Periode III Tahun 2019 Tanggal 24 Agustus 2019

 

Penulis berasal dari Dusun Kurao Nagari Sungai Liku Atas, Kecamatan Ranah Pesisir, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Penulis lahir pada tanggal 05 April 1996, Merupakan anak bungsu dari 2 orang bersaudara, pasangan dari Bachtiar dan Helmi Yati. Penulis menempuh jenjang pendidikan Sekolah Dasar (SD) pada tahun 2003 di SDN 18 Muara Sakai, Kecamatan Airpura dan tamat pada tahun 2009. Tahun 2012 menamatkan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di SMPN 2 Pancung Soal dan melanjutkan ke jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) di SMA N 1 Pancung Soal, Sumatera Barat dan tamat pada tahun 2015. Pada tahun tersebut penulis melanjutkan studi Strata-1 di Program Studi Teknologi Hasil Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Andalas, Padang.

Selama menjadi mahasiswa di Universitas Andalas, penulis aktif dalam berbagai kegiatan mahasiswa, mulai dari organisasi mahasiswa tingkat Fakultas, tingkat Universitas dan organisasi luar kampus. Penulis pernah aktif sebagai Koordinator bidang Dana dan Usaha di Forum Studi Islam Fateta yaitu Islamic Solidarity of Agricultural Technology (ISAT) 2016-2017, anggota FKI Rabbani Unand tahun 2016-2017, Koordinator Kaderisasi ISAT dan Ketua Mentoring FATETA tahun 2017-2018,  DPP ISAT. Tahun 2018–2019, Koordinator Fundraising Badan Pengelolah Mentoring Agama Islam (BPMAI) pada Tahun 2018-2019.

Penulis aktif dibeberapa kepanitian mulai dari anggota, koordinator hingga ketua dalam Kepanitian untuk mengadakan sebuah agenda seperti pada tahun 2016 menjadi anggota acara Musyawarah Besar (MUBES) ISAT Unand, Koordinator Fundraising acara Buka Bersama UKM Unand bersama FKI Rabbani, 2017 Koordinator Acara pada Gema Syiar Islam (GSI) ISAT, 2018 menjadi serta Ketua pada MUBES BPMAI Unand dan 2019 diamanahkan menjadi Ketua Badan Pemilihan Umum (BPU) PEMIRA KM Unand. Semua kegiatan ini bukan sekedar untuk menyibukkan diri dikampus yang ingin dipuji sebagai aktivis, namun ini menjadi tempat belajar meningkatkan kapasitas diri untuk siap turun dan menjadi leader dalam masyarakat.

Aplikasi ilmu pengetahuan itu bisa dimulai ditahun 2018 ketika masa Kuliah Kerja Nyata (KKN) kegiatan kuliah lapangan Unand yang wajib diikuti semua mahasiswa Unand, kala itu penulis menjadi Ketua KKN dan inilah praktek disiplin penegtahuan, ilmu organisasi dan pengalaman kepanitian dimulai, menjadi panutan 21 rekan tim yang harus diayomi, harus sabar, kuat dan strategi memahami serta menajemen konflik harus dihadapi. Hingga  cerita perjuangan itu dibayar dengan keberhasilan tim KKN Jalan Berbatu Giri Maju (GM) mampu mengsukseskan satu-satunya Expo KKN angkatan tahun 2018 Unand yang diadakan oleh Tim KKN Nagari Persiapan Giri Maju, Kecamatan Luhak Nan Duo, Kabupaten Pasaman Barat. yang menampilkan hasil karya anak bangsa yang dibuat oleh dedikasi murni bersama masyarakat setempat dengan pendampingan yang berlanjut hingga kaji dampaknya dipublish disalah satu jurnal. Pada kegiatan Expo dihadiri oleh Ketua PU KKN Unand 2018 Prof. Dr. Syamsuardi M.Sc dan staf dari Padang, Bupati Pasaman Barat Drs. Syahiran M.M dan jajaran, Camat Luhak Nan Duo, Wali Nagari, Kepala Jorong, Kepala Dsun, Teman-teman KKN beserta DPL yang ber KKN di Pasaman Barat serta semua Masyarakat Giri Maju dan msayarakat nagari tetanga, dengan rasa kebanggan menegakkan kepala bahwa kami siap untuk mengabdi.

Prestasi lain penulis ikut membantu menyelesaikan buku dengan judul “Peluang Usaha Aneka Produk Olahan Jagung” yang ditulis oleh Dewi Hayti, dkk, 2019, dapat menerbitkan hasil penelitian disalah satu jurnal Nasional, publish prosiding artikel di Fakultas Pertanian dan Teknologi Pertanian Universitas Jambi 2019, tampil sebagai pemakalah di beberapa Seminas seperti pemakalah di seminar BKS Pertanian UNJA dan Seminar FATETA UNJA 2019, menjadi Narasumber di acara pelatiahna mahasiswa Fakultas Ekonomi yaitu Islamic Management Training 2019 dan Pemateri diacara pelatiahan Mahasiswa baru Politekni Negeri Padang (PNP) 2019.