PENDIDIKAN MEDIA LITERACY PADA SISWA/SISWI SMPN 10 PADANG

  • Alna Hanana Universitas Andalas
  • Yesi Pupita Universitas Andalas
  • Revi Marta Universitas Andalas
  • Novi Elian Universitas Andalas

Abstract

ABSTRAK


Dewasa ini, internet telah tumbuh menjadi sedemikian besar dan berdaya sebagai alat informasi dan komunikasi yang tak dapat diabaikan. Penggunanya kini mencakup berbagai kalangan. Perkembangan teknologi komunikasi dan cyber media sudah selayaknya diimbangi dengan kemampuan melek bermedia masyarakat, termasuk anak-anak yang merupakan konsumen aktif dunia maya. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilatar belakangi oleh masih kurangnya kemampuan melek media internet pada masyarakat di Sumatera Barat terutama bagi siswa siswi SMP yang saat ini rata-rata sudah sangat aktif mengkonsumsi media sosial dengan tujuan memberikan edukasi untuk bisa bijaksana dalam menggunakan internet. Sasaran utama dalam kegiatan ini adalah siswa-siswi SMPN 10 Padang dengan jumlah peserta sebanyak 30 orang. Metode kegiatan dilakukan secara sistematis yaitu dengan berupa presentasi, diskusi kelompok, tanya jawab dan evaluasi dalam bentuk kuis/games. Kegiatan pengabdian masyarakat di SMPN 10 Padang ini telah berjalan dengan lancar dan sesuai dengan rencana yang ditetapkan. Hasil kegiatan ini pengabdian ini menunjukkan bahwa anak-anak peserta kegiatan mulai memahami bahwa bahaya internet tidak hanya sebatas bahaya fisik tetapi juga sampai pada bahaya keamanan psikologis dan bahkan hukum, sehingga mereka berjanji untuk lebih bijak menggunakan internet ke depannya. Artinya, peserta sudah berhasil memahami apa itu literasi media dan bagaimana cara menggunakan media dengan lebih bijak.


Kata Kunci: Pendidikan, Literasi media, Anak

Published
2017-09-05
How to Cite
HANANA, Alna et al. PENDIDIKAN MEDIA LITERACY PADA SISWA/SISWI SMPN 10 PADANG. LOGISTA - Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, [S.l.], v. 1, n. 2(Jul-Des), p. 58-66, sep. 2017. ISSN 2579-6283. Available at: <http://logista.fateta.unand.ac.id/index.php/logista/article/view/66>. Date accessed: 24 apr. 2018.
Section
Articles